Peran Karang Taruna dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Lingkup Desa: Studi Kasus Desa Mekarwangi Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • Aldi Fahluzi Muharam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilham Hafiyudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Puja Kathresna Pamungkas Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Syauqi Mahendra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Hapid Ali Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Karang Taruna, KKN, masyarakat

Abstrak

Penelitian ini membahas peran penting Karang Taruna, sebuah organisasi pemuda di desa, dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Desa Mekarwangi. Terdapat fokus pada aktivitas kepemudaan, terutama dalam bidang olahraga. Meskipun terdapat keterbatasan sumber dana, Karang Taruna diakui sebagai motor penggerak positif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Rekomendasi untuk meningkatkan peran Karang Taruna mencakup diversifikasi program, upaya penggalangan dana, penguatan jaringan, dan peningkatan kapasitas organisasi. Bagaimana peran Karang Taruna dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Desa Mekarwangi, serta apa tantangan dan rekomendasi untuk meningkatkan peran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan triangulasi data untuk memahami peran Karang Taruna dalam konteks desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karang Taruna memiliki peran penting dalam aktivitas kepemudaan di desa, terutama dalam kegiatan keolahragaan. Namun, mereka menghadapi tantangan utama terkait sumber dana. Rekomendasi mencakup diversifikasi program, upaya penggalangan dana, penguatan jaringan, dan peningkatan kapasitas organisasi untuk meningkatkan peran Karang Taruna dalam pengembangan desa.

Referensi

Aprilia Kawalod, Farra, Arie Rorong, dan Verry Y.Londa. 2015. “Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi Di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan.” JAP III (31).

Ashary, Luckman. 2016. OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA DALAM PENGEMBANGAN DESA SILOMUKTI KABUPATEN SITUBONDO.

Crisandye, Yoga Finoza. 2018. “PERAN KARANG TARUNA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS REMAJA (Studi kasus di Karang Taruna Remaja Kita RW 14 kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi selatan).” COMM-EDU 1 (3).

Jamaludi, Adon Nasrulla. 2015. SOSIOLOGI PERDESAAN.

Kurniasari, Dewi, Puji Lestari, S Pd, M Si Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Jurusan Politik dan Kewarganegaraan. 2013. “PERANAN ORGANISASI KARANG TARUNA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GENERASI MUDA DI DESA NGEMBALREJO Info Artikel.” UCEJ. Vol. 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej.

Nirmalasari, Tiana, dan Novi Widiastuti. 2018. “PERAN TOKOH PEMUDA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI KARANG TARUNA DI DESA NANJUNG MARGAASIH.” COMM-EDU 1 (2).

Ridwan Arif, Mochamad. 2014. “PERAN KARANG TARUNA DALAM PEMBINAAN REMAJA DI DUSUN CANDI DESA CANDINEGORO KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor. Vol. 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Aldi Fahluzi Muharam, Ilham Hafiyudin, Puja Kathresna Pamungkas, Syauqi Mahendra, & Hapid Ali. (2024). Peran Karang Taruna dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Lingkup Desa: Studi Kasus Desa Mekarwangi Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 167–174. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1874

Terbitan

Bagian

Articles