Meningkatkan Literasi Anak Melalui Program Saung Kadeudeuh di Kampung Pasir Takokak
Keywords:
Pasir Takokak, saung kadeudeuh, literacy, interactiveAbstract
Artikel ini membahas bagaimana program "Saung Kadeudeuh" berkontribusi pada peningkatan literasi anak-anak di Kampung Pasir Takokak.[1] Pada kampung ini, terdapat permasalahan rendahnya literasi pada anak 1-3 SD. Sebab itu, program ini dirancang untuk menciptakan lingkungan yang mendorong minat anak-anak dalam membaca, berkreativitas, dan memahami tentang berbagai jenis literatur. Permainan berbasis literasi, cerita interaktif, dan diskusi kelompok adalah bagian dari pendekatan pembelajaran yang digunakan.[2] Metode pengumpulan data kualitatif digunakan untuk menilai pelaksanaan program ini. Proses pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara dengan peserta program, dan analisis konten dari kegiatan yang dilakukan. [3]Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini telah berhasil menciptakan lingkungan yang membantu anak-anak menjadi lebih cerdas. Kemampuan anak-anak untuk membaca dan mengungkapkan ide-ide secara verbal maupun tertulis meningkat seiring dengan peningkatan minat baca mereka.[4][5] Selain itu, interaksi sosial anak-anak menunjukkan efek positif. Artikel ini menunjukkan betapa pentingnya komunitas untuk membantu pendidikan dan literasi anak-anak.
[1] UNICEF Indonesia. (2020). Promoting Literacy and Learning Culture in the Remote Areas of Indonesia.
[2] Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka
[3] Ariawan, I. P. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit ANDI
[4] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[5] Hasan, M. (2012). Literasi Komunitas: Panduan Praktis Menggelorakan Minat Baca Masyarakat. Mizan Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Rahmah Febriani, Nurul Ashri Uswatun Lutfiah Nasution, Zahro Wafiqoh Khomsah, Betty Tresnawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.