Optimalisasi Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Bidang Pendidikan Di Desa Ciwidey

Penulis

  • Firda Yuningsih UIN Sunan Gunung Djati
  • Ahmad Buhori UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riska Amelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Betty Tresnawaty UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Peran mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata.

Abstrak

Abstrak

Pendidikan merupakan sarana bagi manusia untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi, serta berbagai aspek lainnya. Dalam pelaksanaan pendidikan, diperlukan tenaga pengajar yang berfungsi untuk memberikan pembelajaran, baik dalam konteks pendidikan formal maupun non-formal. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Tujuan utama kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah memberikan pengabdian kepada masyarakat dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di desa tersebut. Ketersediaan tenaga pengajar yang terbatas menjadi kendala bagi mereka dalam mengejar pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan peran mahasiswa untuk membantu mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), Selain itu, penelitian ini juga melibatkan kegiatan observasi lapangan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan yang ada di Desa Ciwidey. Hasil dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini memberikan gambaran tentang semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh anak-anak dan masyarakat terkait peran mahasiswa sebagai tenaga pengajar dalam mendukung pendidikan di Desa Ciwidey, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal.

Referensi

Hasanah, U., Apriani, A., Rahmadani, T. A., Alkahfi, M. A., & Taufiq, M. 2022. “Optimalisasi peran Mahasiswa KKN sebagai Tenaga Pengajar Dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Bandar Kuala”. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(9), 3275-3283. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/8454

Lestari, Sri, Nini Ardian, and Nursapia Harahap. 2021. “Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dalam Mendidik Generasi Qurani Di Masa Pandemi Covid-19”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5 (2), 81-86. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2045.

Trianingsih, R., & Lestari, S. 2018. “Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Peran Kkn Tematik Posdaya Berbasis Masjid”. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-12.

Muslim, Ahmad Hanip, dan Zulbaidah. 2021. “Pemberdayaan Pendidikan Pengetahuan Dasar Dan Keagamaan Masyarakat Di Dusun Kaduheleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang”. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 1 (19). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/187.

Lestari, S., Musthapha, Z., Hardiyanto, D., & Daud, M. R. . 2022. “KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI RA AL KAROMAH PARUNG SERAB, CILEDUG”. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Mahendra, M., Azizah, A. N., Rahmawati, Z. S., Astuti, E. P., & Vaningrum, I. W. 2022. “Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan TPA dan Posyandu Balita di Desa Ngadirejo In Proceeding National Health Conference of Science (pp. 231-235).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Yuningsih, F., Buhori, A., Amelia, R., & Tresnawaty, B. (2024). Optimalisasi Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Bidang Pendidikan Di Desa Ciwidey. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 305–312. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1871

Terbitan

Bagian

Articles