PENDAMPINGAN MENGAJAR PADA KOMPETENSI MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA MASA TRANSISI DI SDN PANGULAH SELATAN III

Authors

  • Anita Zukhrufa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayu Ristiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhea Maylani Pertiwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Firda Akmal Nabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sherina Tasya Kamila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Suteja Wira Dana Kusuma UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Pendampingan, Calistung, Pandemi

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dan berpengaruh dalam perubahan sosial. Membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sebagai mata pelajaran inti bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan dasar literasi dan berhitung sehingga memiliki kemampuan awal untuk maju ke kelas berikutnya. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan terhadap perkembangan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada siswa kelas I SDN Pangulah Selatan III. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis perkembangan siswa. Penelitian ini meliputi pengaruh pendampingan terhadap stimulasi membaca, menulis, dan berhitung (calistung) siswa. Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem tatap muka yang memanfaatkan buku sebagai sumber belajar yang relevan dengan materi yang akan disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) siswa meningkat secara signifikan dengan adanya pendampingan mengajar.

References

Andrianto, Andrianto. 2019. Implementasi Komunikasi Edukatif dalam Pemaduan Iman, Ilmu dan Amal Studi Pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2: 89–105. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.261.

Handarini OI, Wulandari SS. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi 19. J. Pendidik. Adm. Perkantoran 8:496–503.

Krismawati, Krismawati, Idi Warsah, and Ummul Khair. 2020. Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 2 https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2262.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Zukhrufa, A., Ristiani, A., Pertiwi, D. M., Nabila, F. A., Kamila, S. T., & Dana Kusuma, S. W. (2021). PENDAMPINGAN MENGAJAR PADA KOMPETENSI MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA MASA TRANSISI DI SDN PANGULAH SELATAN III. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(16), 12–28. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/176

Issue

Section

Articles