Partisipasi Masyarakat dalam Lestari Lingkungan di Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu

Penulis

  • Aka Fadila UIN Sunan Gunung Djati
  • Fadilla Aghni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ziyani Hasina UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Desa Cikoneng, Pengabdian, KKN, Program Kerja, Masyarakat, Lestari Lingkungan, Kerja Bakti

Abstrak

Desa Cikoneng mayoritas penduduknya bergantung pada berbagai sektor ekonomi, termasuk pertanian, industri rumahan, perdagangan, dan sektor usaha kecil menengah (UKM). Pertanian dan industri rumahan di desa ini memiliki peran sentral dalam upaya meningkatkan produksi pangan dan bahan baku, serta memperbaiki daya beli masyarakat, yang semakin terkait dengan sektor industrialisasi dan jasa. Ini dapat menciptakan jaringan agribisnis dan agroindustri yang produktif di desa Cikoneng. Meskipun demikian, salah satu tantangan mendasar yang dihadapi desa ini adalah masalah kebersihan lingkungan. Kesadaran warganya masih rendah dengan praktik pembuangan sampah sembarangan yang menyebabkan lingkungan kotor dan sampah berserakan di jalan-jalan dan saluran air. Ini mengganggu estetika lingkungan dan berdampak negatif pada kesehatan serta kebersihan lingkungan tersebut. Masalah serupa juga ditemukan di objek wisata dan lingkungan pemukiman yang masih perlu penanganan lebih lanjut. Selain itu, akses air bersih masuk menjadi isu yang perlu diselesaikan di beberapa lingkungan. Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, desa Cikoneng berpotensi memajukan desa yang lebih makmur dan berkelanjutan.

Referensi

Jurnal Masyarakat Madani Indonesia 2, no. 2 (April 11, 2023). https://doi.org/10.59025/js.v2i1.

Mahameru, Yan. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Daerah.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 9, no. 2 (December 30, 2021): 120. https://doi.org/10.37064/jpm.v9i2.9365.

Fridayanti, Fridayanti, Ramdhani Wahyu Sururie, Rohmanur Aziz, Wisnu Uriawan, Zulqiah Zulqiah, and Yadi Mardiansyah. “MODEL KKN SISDAMAS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG: TANTANGAN DAN PELUANG PELAKSANAAN.” Al-Khidmat 2, no. 1 (July 31, 2019): 24–28. https://doi.org/10.15575/jak.v2i1.4832.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Fadila, A., Aghni, F., & Hasina, Z. (2024). Partisipasi Masyarakat dalam Lestari Lingkungan di Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 404–412. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1732

Terbitan

Bagian

Articles