Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Peserta KKN di Desa Indragiri Kabupaten Ciamis tentang Edukasi Covid dan Apotek Hidup

Authors

  • Syfa Fauzia Mustofa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramdani Wahyu Sururie UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Leni Fujianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Sofa Aisyiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eva Rismayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Devi Novianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Apotek Hidup, Handsanitizer alami

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kesehatan di masa pandemi ini menjadi suatu hal yang penting untuk menghentikan penyebaran virus covid-19. Salah satu strategi yang bisa dilakukan yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga imunitas tubuh dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan di masa Pandemi Covid-19 dan mengajak masyarakat untuk menggunakan obat tradisional yang dihasilkan dari pemanfaatan lahan menjadi apotek hidup. Metode dalam kegiatan ini yaitu pendidikan masyarakat, difusi ipteks, dan pelatihan. Kegiatan  ini melibatkan seluruh  masyarakat Desa Indragiri Kecamatan Panawangan yang berjumlah 1.055 kepala keluarga. Hasil kegiatan  menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang cara menjaga kesehatan di masa pandemi dan telah mampu untuk membuat handsanitizier dari bahan alami.

References

Abdurrahman, A. S., dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Alami Berbahan Daun Sirih Dan Batang Sereh. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(1), 139-148.

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. KESMAS, 75-82.

Fahruzi, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi Melalui Pembuatan Hand Sanitizer Dengan Antiseptik Alami. Universitas Negeri Malang.

Fatmawati, F. (2020). Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi Covid-19. JCES, 432-438.

Marray. (2012). Biokimia Harper. Jakarta : EGC.

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 80-83.

Suprapto, S. (2014). Simplisia dan Infusida Tanaman Obat. Jakarta : Rineka Cipta.

Wabula, L. R., & Umamity, S. (2021). Sosialisasi Covid-19 dan Pemanfaatan Tanaman Herbal Sebagai Upaya Pemeliharaan Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Tehoru Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 232-237.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Mustofa, S. F., Sururie, R. W., Fujianti, L., Aisyiyah, N. S., Rismayati, E., & Novianti , D. . (2021). Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Peserta KKN di Desa Indragiri Kabupaten Ciamis tentang Edukasi Covid dan Apotek Hidup . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 164–172. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/172

Issue

Section

Articles