MEMPERERAT PERSAUDARAAN UMAT ISLAM DIDALAM PERAYAAN HARI BESAR ISLAM(PHBI) DAN JUMAT BERSIH (JUMSIH) DENGAN NASI LIWET

Authors

  • Rohmanur Aziz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rijaluddin Robbani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Munawaroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aidila Tri Permana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Perayaan, Hari Besar Islam,, Nasi Liwet, Kekeluargaan

Abstract

Covid-19 membuat masyarakat berdiam diri dirumah dan memiliki rasa kejenuhan. Maka dari itu acara HUT RI 76 dan PHBI Muharroman adalah salah satu solusi melepas rasa kejenuhan dikalangan masyarakat. Acara PHBI yang diakhiri dengan makan Nasi Liwet bersama dapat Menumbuhkan rasa kekeluargaan untuk mempererat persaudaraan umat islam. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan air kaldu ayam atau santan. Makan bersama membuat seseorang lebih mengenal satu sama yang lainnya. Ketika diadakannya acara maka seseorang yang tadinya jarang keluar rumah menjadi keluar rumah dan bersosial. Disinilah akan adanya tumbuh rasa kekeluargaan. Ketika mereka keluar rumah dan melihat lingkungan sekitar maka dari situlah muncul rasa kepeduliaan terhadap lingkungan. Karena tanda seseorang itu peduli adalah dengan memperhatikannya.

Author Biography

Aidila Tri Permana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

References

Darsono. 2012. Faktor Utama Swasembada Pangan Tingkat Rumah Tangga Petani Lahan Kering Di Kabupaten Wonogiri Jawa tengah. Jurnal Agrobisnis. 9(1): 100-116

Tristanto, Aris. (2020). Masalah Kesehatan Jiwa dan Psikososial Lanjut Usia Ditengah PandemiCOVID-19.

LP2M, Tim Penulis. (2021). 148 Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah: Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian Di Masa Pandemi Bermitra Dengan Satgas Covid-19. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat

Saputra, Eddy. (2019). Penanaman Dan Penguatan Nilai - Nilai Keislaman Melalui Perayaan Hari Besar Islam. Jurnal Al-Ashriyyah. 5(3): 124-142.

Zaiton.Mustofa. (2019). Peranan Keluarga Muslim dalam Membina Masyarakat Sejahtera. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari. 20(3): 89-96.

Purwaningrum, Pramiati. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. Jurnal of Urban And Environmental Technology. 8(2): 141 – 147.

Pamungkas,Febrina PA.(2014). Analisis Karakter Sampah Plastik di Kecamatan Tebet dan Alternatif Pengolahannya. Laporan Tugas Akhir, Jurusan Teknik Lingkungan, FALTL Universitas Trisakti.

Prabowo,Agung. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berkunjung Ulang pada Kuliner Tradisional (Studi pada Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Surakarta). Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Erlina. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita. 5(2):

Shihab, M. Quraish. (2013). Membumikan al Qur’an: Fungsi peran wahyu dalam kehidupanmasyarakat. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Aziz, R., Robbani, R., Munawaroh, D., & Permana, A. T. (2021). MEMPERERAT PERSAUDARAAN UMAT ISLAM DIDALAM PERAYAAN HARI BESAR ISLAM(PHBI) DAN JUMAT BERSIH (JUMSIH) DENGAN NASI LIWET. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 13–32. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/162

Issue

Section

Articles