Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Agama (Studi Analisis Di Mdta Al-Hidayah Kelas 1 Kota Sukabumi)

Authors

  • Mulyasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eneng Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Afektif, KKN, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstract

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dari mulai buaian orang tua sampai liang lahat. Penilaian pembelajaran ada tiga yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor keterampilan. Pengetahuan dan keterampilan dapat mudah untuk dipelajari tapi sulit untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama pendidikan mengenai akhlak budi pekerti. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti terkait Bagaimana Proses dan Metode pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi belajar agama serta Bagaimana efektifitas metode yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar anak Khususnya di kelas 1 MDTA Al-hidayah kota Sukabumi. Melalui metode pembelajaran mind mapping serta media pembelajaran Audio-visual peserta didik diharapkan dapat lebih senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas, sehingga materi yang disampaikan oleh pendidik dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik, tentunya dengan waktu, dana dan fasilitas yang minim

References

Seeking knowledge is an obligation for every Muslim from the cradle of parents to the grave. There are three learning assessments, namely cognitive (knowledge), affective (attitude) and psychomotor skills. Knowledge and skills can be easy to learn but difficult to apply in everyday life, especially education regarding character. Therefore, the authors are interested in researching related to how the learning process and method are to increase religious learning motivation and how the effectiveness of the methods applied in increasing children's learning motivation, especially in class 1 MDTA Al-hidayah, Sukabumi city. Through mind mapping learning methods and audio-visual learning media, students are expected to be more happy and enthusiastic in participating in learning activities in class, so that the material presented by educators can be easily understood by students, of course with minimal time, funds and facilities

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Mulyasari, & Nuraeni, E. . (2021). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Agama (Studi Analisis Di Mdta Al-Hidayah Kelas 1 Kota Sukabumi). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(88), 91–98. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1450

Issue

Section

Articles