Pembekalan Pendidikan Agama Sejak Dini di Masa Pandemi: Program Pengabdian di Ra Al-Karim

Authors

  • Hidayah Irava Natasya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Esty Puri Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Agama, Pandemi, Pembelajaran

Abstract

Pandemi memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam kehidupan sosial. Keadaan tersebut pula memberikan pengaruh terhadap ruang lingkup agama. Situasi dan kondisi pandemi mengharuskan masyarakat untuk meningkatkan iman. Disamping itu pada zaman modern dan kecanggihan teknologi kini, tidak jarang orang tua yang hanya menginginkan anak mereka berprestasi secara akademik. Aspek perkembangan yang menjadi masalah utama yang dihadapi terutama mengenai nilai agama dan moral. Dimana pemahaman dan kesadaran pada diri anak masih belum menjadi pembiasaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa penting menanamkan pendidikan agama pada anak sejak dini, terlebih di masa wabah pandemi seperti saat ini. Kegiatan ini menggunakan metode pengabdian. Tahapan dalam kegiatan pengabdian ini, diantaranya: Siklus ke I dilakukan refleksi sosial yang mencakup sosialisasi awal, rembukkan, pemetaan sosial dan pendekatan organisasi. Siklus ke II, dilakukan perencanaan partisipatif. Siklus ke III, dilakukan pelaksanaan program dan evaluasi. Hasil dan pembahasan mencakup sistem pembelajaran yang tidak menetap pada satu kelas yang sama melainkan berpindah tempat belajar yang disebut dengan ruang sentra. Tolak ukur keberhasilan kegiatan: Berdasarkan data yang diperoleh, pada awalnya hanya terdapat 7 siswa namun seiring berjalannya waktu semakin meningkat secara signifikan hingga mencapai sekitar 80 siswa. Kemudian, 70 dari 80 siswa mengalami peningkatan dalam melatih keberanian, kepercayaan diri dan kemandirian siswa. Disamping itu, 48 dari 80 siswa mengalami peningkatan dan kelancaran dalam membaca iqra, menghafal surat-surat pendek dan praktik bacaan shalat. Peningkatan ini, tidak terlepas dari peran, kerjasama dan pendekatan yang baik dilakukan oleh guru dan orang tua

References

The pandemic has an impact on all levels of society, especially in social life. This situation also has an influence on the scope of religion. The pandemic situation and conditions require people to increase their faith. Besides, in modern times and today's technological sophistication, it is not uncommon for parents to only want their children to excel academically. The aspect of development that is the main problem faced, especially regarding religious and moral values. Where understanding and awareness in children is still not a habit. This activity aims to explain that it is important to instill religious education in children from an early age, especially during the current pandemic outbreak. This activity uses the dedication method. The stages in this service activity include: In the first cycle, social reflection is carried out which includes initial socialization, consultation, social mapping, and organizational approach. In the second cycle, participatory planning was carried out. In the third cycle, program implementation and evaluation were carried out. The results and discussion include a learning system that does not stay in the same class but moves to a learning place called the central room. The measure of the success of the activity: Based on the data obtained, initially there were only 7 students but over time it increased significantly until it reached around 80 students. Then, 70 out of 80 students experienced an increase in practicing students' courage, self-confidence, and independence. In addition, 48 out of 80 students experienced improvement and fluency in reading iqra, memorizing short letters and practicing prayer readings. This increase is inseparable from the role, cooperation and good approach carried out by teachers and parents

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Irava Natasya , H., & Puri Utami, E. (2021). Pembekalan Pendidikan Agama Sejak Dini di Masa Pandemi: Program Pengabdian di Ra Al-Karim. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(88), 34–52. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1445

Issue

Section

Articles