Peningkatan Mutu Pendidikan Keagamaan Dan Karakter Pada Kalangan Anak Usia Sekolah Di Desa Girimekar

Authors

  • Susi Karlina Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Insan Al-Amin Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

MDT, RA, Pendidikan, Karakter, Keagamaan

Abstract

Pentingnya pendidikan keagamaan dan karakter di kalangan anak usia sekolah berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Karena pada usia sekolah, pertumbuhan otak anak-anak sangat berkembang pesat dan waktunya mereka sangat berkeinginan untuk mengetahui banyak hal. Di Desa Girimekar ini, pengembangan pendidikan karakter dan keagamaan difasilitasi dengan adanya Madrasah Taklimiyah Diniyah (MDT) Khalasha untuk anak sekolah dasar hingga SMA, kemudian adanya Raudhatul Athfal (RA) Khalasha untuk jenjang anak usia 4-6 tahun. Peran MDT dan RA di desa Girimekar RW 05 ini sangat penting bagi masyarakat di sana, karena MDT dan RA Khalasha menjadi pusat perkembangan pendidikan karakter dan keagamaan di sana. Selain ilmu keagamaan, MDT dan RA Khalasha pun mengimbanginya dengan keilmuan yang lain. Dari hasil survey yang telah dilakukan, anak-anak di sana sangat gemar mengkaji ilmu agama dan keilmuan yang lain, mereka juga sangat tertarik untuk mengetahui banyak hal. Dan dari hasil survey itu sendiri, anak-anak di sana lebih sering mengkaji ilmu agama karena Desa Girimekar sendiri merupakan desa santri, selain itu juga mereka gemar untuk mempelajari hal-hal yang baru. Maka dari itu, pendidikan karakter dan keagamaan di desa Girimekar sangat berperan penting bagi masa depan anak-anak di sana. Pengabdian ini juga dilatarbelakangi dengan kurangnya perkembangan pendidikan di sana, terkhusus pendidikan selain keagamaan.

References

Kementrian Agama RI. 2014. ‘Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Taklimiyah’.

Dewi Kurnia. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal UIN Raden Fatah Palembang.

Muhammedi, M.Pd.I. (2017). Peran Raudhatul Athfal (RA) dalam Membina Generasi Islam yang Berkarakter. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudhah Tandam Hulu II Deli Serdang. 2338 – 2163.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. ‘Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah’.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Karlina , S. ., & Al-Amin, M. I. . (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Keagamaan Dan Karakter Pada Kalangan Anak Usia Sekolah Di Desa Girimekar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 151–162. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1437

Issue

Section

Articles