Digitalisasi dan Aktualisasi Pemberdayaan UMKM Masyarakat Desa Kertamulya di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
UMKM, Desa Kertamulya, Pengabdian, GO-UMKM, Covid-19, Yubi.idAbstract
Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak sekali kendala yang di hadapi masyarakat umum, tak terkecuali Desa Kertamulya yang terletak di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, terkhususnya UMKM di Desa Kertamulya. Banyak bisnis muda yang gulung tikar dan terpaksa tutup karena peraturan pemerintah yaitu PPKM yang mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah dan toko-toko di tutup terpaksa selama masa PPKM darurat yang berlangsung dua minggu dan terus di perpanjang hingga pembuatan artikel berlangsung. Hal ini berakibat terhadap menurunnya pendapatan dan tidak terjadinya proses transaksi jual beli seperti sebelum masa pandemi. Metode penelitian yang dilakukan untuk membuat kegiatan GO-UMKM ini menggunakan metodologi Pendampingan dan pemberdayaan yang salah satu bagian dari metode participation Action Research (PAR), adapun kegiatan yang dilakukan adalah pengedukasian pelaku UMKM dalam meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usahanya dengan teknik digital. UMKM yang telah diakurasi oleh mahasiswa yaitu barang antik yang berada di daerah Situ Saeur dan Capcin Ala Ningrat yang berada di Rancabali pada tanggal 26 Agustus 2021. Setelah melakukan observasi dan wawancara, kami pun melakukan program digitalisasi guna meningkatkan efektifitas dan transaksi penjualan pelaku UMKM dengan produk dari PT. Yukbisnis Indonesia yaitu yubi.id. Dimana yubi.id ini merupakan kartu nama virtual yang berfungsi untuk menggabungkan berbagai link dan menyimpannya di berbagai flatfrom.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Irsyad Mizan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.