Peranan Dukungan Sosial Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi di Desa Padaasih

Authors

  • Maya Saumayani Destiana Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi belajar, Dukungan sosial, Masa pandemi

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu pendorong dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu motivasi menjadi unsur penting yang harus ditanamkan pada setiap siswa, terlebih pada masa pandemi. penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penerapan dukungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan yang digunakan adalah fenomenologi. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 DTA Miftahul Falah. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap peningkatan motivasi belajar. Dilihat dari respon subjek terkait pertanyaan mengenai yang diajukan menujukan hasil bahwa motivasi belajar subjek meningkat karena terpenuhinya seluruh aspek motivasi belajar. kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dukungan sosial  memiliki peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, IQ (Ilmu Al-qur’an) : Jurnal Pendidikan Islam, (3)1, 123-140.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2).

Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa skoi kalimantan timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14 (2), 62-68.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4).

Nasution, S. Z., & Purba, W. D. (2017). Pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi mahasiswa reguler menjalani pendidikan di fakultas keperawatan universitas sumatera utara. JPPNI, 1 (3).

Rahmi, E. V. (2011). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja. Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Zulkarnain, M., Sari, E. Y. D., Purwadi. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar, Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 447-452.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Destiana , M. S. (2023). Peranan Dukungan Sosial Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi di Desa Padaasih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 50–62. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1425

Issue

Section

Articles