Optimalisasi Pengembangan UMKM di Masa Pandemi Melalui Edukasi Media Digital di Desa Mekarsari

Penulis

  • Maula Fathan Hardianisa Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Covid-19, Media Digital, Pemasaran Daring

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah melanda banyak negara, termasuk Indonesia. Covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai sektor termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diantaranya yaitu turunnya jumlah penjualan. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dilakukan untuk memberi bimbingan serta edukasi dalam mengatasi dampak tersebut melalui penggunaan dan pengelolaan media digital yang sesuai. Dengan menggunakan dan mengelola media digital, diharapkan para pelaku usaha dapat menentukan jenis media digital yang tepat untuk produk yang dipasarkan, meningkatkan kesadaran serta ketertarikan masyarakat mengenai produk. Metodologi pengabdian yang digunakan yaitu metode yang melalui 3 siklus antara lain refleksi sosial (social reflection), perencanaan partisipatif (participation planning) dan pelaksanaan program (action program). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan bimbingan yang diberikan memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha dengan adanya peningkatan pengetahuan tentang media digital, peningkatan pengetahuan berbagai media yang dapat digunakan dan adanya peningkatan keterampilan dalam penggunaan dan pengelolaan media digital dalam branding. Adapun saran yang dapat disampaikan adalah adanya keberlanjutan program edukasi bagi para pelaku usaha sehingga dapat menerapkan dan mengelola media digital secara optimal.

Referensi

Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Febriyanto, Arisandi. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara. Vol. 1, No.2.

Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI (November), hal 95–112.

Permana. 2017. Strategi Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi. Vol. 8 No.1.

Pratiwi, M.I. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, 4 (2), hal 30 – 39.

Raharja, Natari. 2021. Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No.1, Hal 108 – 123.

Rosita. 2020. Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. Vol. 2, No.1.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19) ; Sebuah tinjauan litelatur. Wellness and Healthy Magaine. Vol. 2, No.1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Hardianisa , M. F. . (2023). Optimalisasi Pengembangan UMKM di Masa Pandemi Melalui Edukasi Media Digital di Desa Mekarsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 40–49. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1424

Terbitan

Bagian

Articles