Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Pada Siswa Siswi di SDN Curug Curug 03

Authors

  • Ade Irma Triana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Hanna Septiani Ardiansyah Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Renaldi Renaldi Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rina Nuraeni Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Aswari Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Faktor-faktor, Pandemi Covid-19

Abstract

Penyelenggaraan KKN pada tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan KKN yang dilakukan di Kp. Barangbang Hilir RT 004 / RW 004 Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan pada situasi yang terjadi saat ini. Adapun program yang dapat menunjang yakni bersosialisasi terkait pentingnya pendidikan untuk masa depan anak , serta memberi pemahaman akan mudahnya mendapatkan pendidikan di Indonesia ini. Metode yang digunakan dalam program ini adalah memberikan pendampingan proses belajar dan mengajar secara langsung dan menerapkan metode pembelajaran menyenangkan seperti dengan pemberian dan penyajian materi melalui nyanyian, permainan-permainan sederhana, kuis, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar mengurangi rasa bosan anak dalam pembelajaran. Ketertinggalan dalam bidang pendidikan di Kampung Barangbanghilir  salah satunya adalah kesulitan dalam membaca yang disebabkan oleh beberapa faktor , yaitu: orangtua yang kurang mendorong anaknya untuk belajar, kebijakan sekolah dengan sistem bergantian kelas, dan minimnya tenaga pengajar disekolah tersebut. Setelah diberikan pembelajaran sambil bermain selama satu bulan, progres dari para siswa semakin meningkat walaupun tidak signifikan. Progres itu berupa semangat siswa dalam belajar dan memiliki kemauan untuk belajar.

References

https://eprints.uny.co.id Diakses pada tanggal 06 September 2021

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Triana , A. I. ., Ardiansyah, H. S. ., Renaldi , R. ., Nuraeni , R. ., & Aswari , R. . (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Pada Siswa Siswi di SDN Curug Curug 03. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 23–30. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1417

Issue

Section

Articles