Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemasaran di Cibiru Wetan Menggunakan Applikasi Buku Warung dan E-Commerce

Penulis

  • Ayu Anjumi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Ekonomi, UMKM,, Laporan Keuangan, Buku Warung, E-Commerce Shopee

Abstrak

Dalam pengembangan ekonomi keberadaan UMKM memiliki banyak manfaat bagi masyarakat indonesia seperti Menambah pendapatan masyarakat, menciptakan kreatifitas masyarakat, dan dapat mengurangi tingkat pengangguran, tidak hanya itu UMKM juga memliki peran dalam perekonomian Nasional. Namun demikian, Seacara Umum UMKM memiliki beberapa permasalahan antaralain rendahnya timgkat pendidikan, pelatihan usaha, pengalaman manajerial, dan kurangnya keandalan dalam memahami Laporan Keuangan,  selain itu dalam pemasaran produk pelaku usaha UMKM kurang memahami bagaiamana harus memasarkan produknya agar lebih dikenal secara luas. Sehingga dengan adanya pemberdayaan pelatihan KKN DR penggunaan aplikasi BukuWarung dan pengguanaan E-commece Shopee di Desa Cibiru RW  08 Babakan Biru diharapakan dapat  memudahkan pencatatan Laoporan Keuangan  dan memasarkan produk secara luas pelaku UMKM dalam menjalankan Usahanya, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara bertahap melalui beberapa tahapan yaitu Tahapan yang pertama (1) adalah Refleksi Sosial (Social Reflection) Tahapan kedua (2) adalah Pemetaan sosial (Social mapping) Tahapan ketiga (3) Pelaksanaan program (Action). Tahapan keempat (4) adalah monitoring dan evaluasi (monev). Kegiatan pelatihan yang diberikan adalah penyusunan laporan keuangan dengan  menggunakan aplikasi Buku Warung dan pemasaran produk menngunakan E-Commerce Shopee yang dilakukan dengan cara door to door kepada setiap pelaku usahaUMKM.

Referensi

Evasar, A. D. (2019). Pelatihan dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 75-84.

Evi Linawati, M. D. (2015). Pengetahuan akuntansi Pelaku Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah (UMKM) . Konferensi Bisnis, Akuntansi, dan Manajemen, 2302-9791.

Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. (2021). Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LPM UIN SGD.

Rachman, A. N. (2016). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai media pemasaran Globa Untuk peningkatan penjualan Produk Kelom Geulis. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 64-68.

Rachmawati, B. (2015). Pengembangan UMKM antara Konseptual dan Pengalaman Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Anjumi , A. ., & Khumaeroh , M. S. . (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemasaran di Cibiru Wetan Menggunakan Applikasi Buku Warung dan E-Commerce. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(7), 1–9. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1415

Terbitan

Bagian

Articles