Efektivitas Bimbingan Belajar Daring di Desapakuhaji dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Zulfa Nur Jihan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pemberdayaan, Bimbingan belajar

Abstract

Pada awal Tahun 2020 dunia di gemparkan oleh salah satu penyakit yang menyebabkan kematian. Sehingga pemerintah Indonesia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan social distancing, dan mengikuti protokol kesehatan. Penyaki t ini disebabkan oleh sebuah virus yang dinamakan Corona. Yang dimana virus ini memakan banyak korban salah satunya di Indonesia ini sendiri. Kasus terkonfirmasi Indonesia termasuk salah satu kasus positif Covid-19 tertinggi di dunia. Dan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, juga berdampak terhadap pendidikan. Pembelajaran yang awalnya bertempat disekolah tapi saat ini di gantikan dirumah melalui sistem online, hal ini menjadi keterbatasan seperti, rendahnya pemahaman mengenai media digital, keterbatasan sinyal dan juga tidak semua memiliki handphone. Pembelajaran online juga bukan hanya terhambat dalam teknis akan tetapi esensi pembelajaran belum terlihat keefektifannya. Penelitian ini menganalisa bagaimana perilaku masyarakat desa Pakuhaji dalam menghadapi pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini. Metode pelaksanaan KKN ini yakni program berorientasi terhadap masyara kat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan layanan bimbingan dalam belajar untuk mengurangi kesulitan belajar siswa-siswi pada masa pandemi COVID-19. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini yaitu memberikan bimbingan terhadap siswa dan siswi dalam belajar online

References

At the beginning of 2020 the world was shocked by a disease that caused death. So the Indonesian government appeals to all people to implement social distancing, and follow health protocols. This disease is caused by a virus called Corona. Which is where this virus takes many victims, one of which is in Indonesia itself. Indonesia's confirmed cases are among the highest positive cases of Covid-19 in the world. And until now, there are still many people who ignore health protocols, which also have an impact on education. Learning that initially took place in schools but is currently being replaced at home through an online system, this has become a limitation such as, low understanding of digital media, signal limitations and also not all have mobile phones. Online learning is also not only hampered in technical terms, but the essence of learning has not seen its effectiveness. This study analyzes how the behavior of the Pakuhaji village community in dealing with online learning during the COVID-19 pandemic. The method of implementing this KKN is a community-oriented program in the field of education. This research is included in descriptive qualitative research that describes tutoring services in learning to reduce students' learning difficulties during the COVID-19 pandemic. The results achieved in this service are providing guidance to students in online learning

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Nur Jihan, Z., & Asro, M. . (2021). Efektivitas Bimbingan Belajar Daring di Desapakuhaji dalam Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(69), 160–171. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1410

Issue

Section

Articles