Pendampingan Belajar Anak-Anak Dusun Bangampel Guna Meningkatkan Semangat Belajar di Masa Pandemi

Authors

  • Zahrah At Taqiyyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lia Kamelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan belajar, offline, semangat belajar

Abstract

Pandemi Covid 19 yang berlangsung hampir sekitar 2 tahun ini membawa banyak dampak bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah pada ranah pendidikan. Kegiatan belajar yang harus berubah menggunakan sistem online atau daring ini ternyata tidak semua daerah di Indonesia mampu menjalankannya dengan baik. Di Dusun Bangampel, Desa Gendayakan, Kabupaten Wonogiri salah satunya, daerah yang terkenal dengan susahnya akses internet ini menjadikan kegiatan belajar secara daring di daerah ini tidak berjalan efektif. Selama hampir 2 tahun ini, murid-murid seperti sedang berada dalam libur panjangnya. Bukan karena sekolah tidak peduli, tetapi hal ini lebih kepada keadaan masyarakat yang perlu adaptasi lebih dengan sistem baru ini, serta susahnya akses internet menjadi salah satu kendala kurang efektifnya kegiatan belajar dari disini. Maka dari itu, bersamaan dengan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu PKM dibuatlah kegiatan pendampingan belajar secara offline atau luar jaringan. Daerah yang merupakan zona hijau covid 19 ini, aman dan diijinkan untuk menjalankan kegiatan ini. Dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya supaya semangat belajar anak-anak sekolah kembali tumbuh dan memiliki kegiatan produktif. Dalam perjalanannya, untuk menumbuhkan semangat dalam diri anak-anak bukanlah sesuatu yang instan atau mudah, diperlukan kesabaran serta inovasi dalam mengajar. Karena itulah, kami mengumpulkan faktor-faktor yang sekirannya mampu membuat anak tertarik dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pendampingan belajar ini, seperti dengan bercocok tanam, belajar sambil bermain, memberikan hadiah atau reward. Tidak disangka dalam kurun waktu 3 pekan, antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan pendampingan belajar ini mulai terlihat. Ketika jadwal pertemuan, hampir kuantitas anak yang masuk selalu stabil ditiap pertemuannya. Bahkan setiap hari mereka mendatangi lokasi, guna memastikan tanaman mereka tumbuh dengan baik atau tidak.(Rusdiana, 2014)

References

The Covid 19 pandemic which has lasted for almost 2 years has had many impacts on human life, one of which is in the realm of education. Learning activities that have to change using an online or online system, it turns out that not all regions in Indonesia are able to run it well. In Bangampel Halmet, Gendayakan Village, Wonogiri Regency, one of them, an area known for the difficulty of internet access, makes online learning activities in this area ineffective. For almost 2 years, the students seemed to be on their long holiday. It’s not that the schol doesn’t care, but it’s more about the conditin of the community that needs to adapt more to this new system, and the difficulty of internet access is one of the obstacles to the ineffectiveness of learning activities from here. Therefore, along with community service activities, namely PKM, offline or off-network mentoring activities are made. This area, which is green zone for covid 19 is safe and allowed to carry out this activity. By holding this activity, it is hoped that the school children’s enthusiasm for learning will grow again and have productive activities. On the way, to foster enthusiasm in children is not something that is instant or easy, it takes patience and innovation in teaching. For this reason, we collect factors that can make children interested and enthusiastic in participating in these learning mentoring activities, such as planting crops, learning while playing, giving gifts or rewards. Unexpectedly within 3 weeks, the enthusiasm of the children in participating in this earning mentoring activity began to be seen. When the meeting schedule, almost the quantity of children who enter is always stable in each meeting. They even visit the location everyday, to make sure their plants are growing well or not

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

At Taqiyyah, Z., & Kamelia, L. (2021). Pendampingan Belajar Anak-Anak Dusun Bangampel Guna Meningkatkan Semangat Belajar di Masa Pandemi . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(69), 145–159. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1409

Issue

Section

Articles