Pemberdayaan Masyarakat pada Pendidikan Berbasis Fun Learning Guna Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Covid-19

Authors

  • Riki Purnama Putra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Yusuf Daffa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rangga Aulia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Ilmia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Fun-Learning, Kemampuan berpikir kritis, Motivasi belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan yang paling dibutuhkan pada abad-21 ini. Pendidikan pada abad-21 ini sangatlah menekankan pada berbagai aspek terutama pada aspek kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang menjadi pilar pada pembelajaran yang dimana diharuskan ada minat belajar pada subjek pembelajaran tertentu. Pandemi covid-19 yang melanda sebagian besar negara termasuk Indonesia merupakan tantangan besar yang dihadapi oleh Indonesia dan negara-negara terdampak lainnya, terutama pada sektor pendidikan yang menjadi dampak besar bagi kemajuan pendidikan di suatu negara. Pembelajaran di masa pandemi covid-19 membuat Indonesia melakukan pembelajaran secara daring guna mengefisiensikan pembelajaran di masa pandemi. Pelaku pembelajaran di Desa Sindanggalih merasakan hal yang kurang efektif jikalau melakukan pembelajaran secara daring dikarenakan pembelajaran yang kurang kreatif dan sumber daya pendidik yang kurang memumpuni sehingga membuat para peserta didik Desa Sindanggalih hampir tidak memiliki motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan dalam upaya peningkatan motivasi belajar di Desa Sindanggalih pada masa Covid-19. Metode yang digunakan merupakan partisipatif dan juga pre-experimental  berdesain One Group Pretest-posttest Design yang dimana terdapat pretest-posttest dan treatment pada subjek yang berjumlah sekitar 120 subjek di berbagai jenjang pendidikan. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pengabdian bejalan secara lancar memenuhi tujuan dengan ditunjukkannya nilai sig < 0.05 pada uji statistik paired sample t-test

References

Education is one of the important elements in life that is most needed in this 21st century. Education in the 21st century places great emphasis on various aspects, especially on the aspect of critical thinking skills. Critical thinking ability is an ability that becomes a pillar in learning where there is required to be an interest in learning in certain learning subjects. The COVID-19 pandemic that hit most countries including Indonesia is a big challenge faced by Indonesia and other affected countries, especially in the education sector which has a big impact on the progress of education in a country. Learning during the COVID-19 pandemic has made Indonesia conduct online learning to streamline learning during the pandemic. The perpetrators of learning in Sindanggalih Village feel that it is less effective if they do online learning due to less creative learning and less qualified educator resources so that Sindanggalih Village students have almost no motivation to learn. This study aims to increase learning motivation in Sindanggalih Village during the Covid-19 period. The method used is participatory and also preexperimental with the One Group Pretest-posttest Design in which there is a pretest-posttest and treatment on a subject totaling about 120 subjects at various levels of education. The results obtained are that the service runs smoothly to meet the objectives by showing the value of sig < 0.05 in the paired sample t-test statistical test

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Purnama Putra, R., Yusuf Daffa, M., Aulia, R. ., & Ilmia, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat pada Pendidikan Berbasis Fun Learning Guna Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(69), 123–133. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1407

Issue

Section

Articles