Dampak Covid-19 Pada Proses Pembelajaran dan Pendidikan di Sd Negeri Leuwiliang Cicalengka Bandung

Authors

  • Nita Listyawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yana Sutiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Belajar, Online dan Offline, Pandemi Covid-19, Sekolah

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintahan Indonesia pun mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai virus Covid-19 ini, salah satu kebijakan yang pemerintah ambil yaitu dengan menjalankan sekolah online atau daring. Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 tentunya sangat berdampak kepada siswa dan guru. Dalam hal pelaksanaan sekolah online ini tidak semudah yang dibayangkan, seperti halnya di SDN leuwiliang yang terkendala dengan akses sinyal sehingga dengan terpaksa harus melakukan pembelajaran secara online dan tetap melakukan kegiatan pembelajaran offline dengan dibatasi jumlah peserta didik dan dikurangi waktu pembelajarannya, ditambah dengan kurangnya tenaga pengajar yang ada. Maka dari itu, kami mahasiswa dalam kegiatan pengabdian ini berusaha untuk ikut membantu sebagai tenaga pelajar sekaligus menjadikan posko sebagai tempat belajar untuk anak-anak dengan berbagai macam cara dan diselingi dengan permainan dan hiburan. Selain untuk membantu para guru, kami juga berharap para siswa mendapatkan hal baru yang belum mereka ketahui dan sebagai upaya untuk mengurangi rasa jenuh para siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu untuk mengambarkan mengenai pelaksanaan permbelajaran online dan offline di masa pandemi pada SDN Leuwiliang Cicalengka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 meliputi 1) dilakukan dengan cara para siswa mendatangi rumah guru atau wali kelas. 2) siswa datang langsung ke sekolah belajar dengan jadwal bergantian saat pandemi

References

The Covid-19 pandemic has hit almost all countries in the world, including Indonesia. The Indonesian government has also taken a policy that aims to break the chain of the Covid-19 virus, one of the policies that the government has taken is to run online or online schools. The temporary closure of educational institutions as an effort to reduce the spread of the Covid-19 virus certainly has a huge impact on students and teachers. In terms of implementing online schools, it is not as easy as imagined, as in SDN Leuwiliang which is constrained by signal access so that they are forced to do online learning and continue to carry out offline learning activities with a limited number of students and reduced learning time, coupled with a lack of teaching staff. which exists. Therefore, we students in this service activity try to help as student staff as well as make the post as a place of learning for children in various ways and interspersed with games and entertainment. In addition to helping teachers, we also hope that students will learn new things that they do not know and as an effort to reduce students' boredom in learning. The method used in this research is a qualitative descriptive method, which is to describe the implementation of online and offline learning during the pandemic at SDN Leuwiliang Cicalengka. The results of this study indicate that the strategy for implementing learning during the Covid-19 pandemic includes 1) carried out by students visiting the teacher's or homeroom teacher's house. 2) students come directly to school to study with alternating schedules during the pandemic

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Listyawati, N. ., Sutiana, Y. ., & Asro, M. (2021). Dampak Covid-19 Pada Proses Pembelajaran dan Pendidikan di Sd Negeri Leuwiliang Cicalengka Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(69), 111–123. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1406

Issue

Section

Articles