Pendampingan dan Pendataan Pemberian Bansos (Bantuan Sosial) Serta Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak di Masa Pandemi

Penulis

  • Dela Lestari Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Covid-19, Ekonomi, Pendidikan

Abstrak

Pandemi Covid-19 menjadi masalah tak hanya di Indonesia, bahkan mendunia. Berbagai dampak banyak terjadi akibat adanya pandemi ini, masalah yang paling terlihat adalah ekonomi dan pendidikan. Akibatnya banyak mayarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup dan berkurangnya semangat anak-anak belajar dirumah karena pandemi. Oleh karena itu, pemerintah merencanakan berbagai program bantuan sosial guna membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa pandemi , salah satunya adalah program bantuan sosial tunai yang diberikan kementerian sosial dan mendirikan tempat pembelajaran anak-anak dilingkungan masjid desa Ketaping.

Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat membantu perangkat Desa Ketaping untuk menyalurkan bantuan sosial tunai yang diberikan Kementerian sosial untuk memenuhi kehidupan masyarakat dimasa pandemi. Peneliti juga mampu meningkatkan semangat anak-anak belajar dirumah dengan mengaktifkan kembali kegiatan dilingkungan masjid Desa Ketaping. Dengan  mengabdi di Masyarakat untuk mengajar anak-anak mulai dari mengaji, menulis, dll.

Referensi

MATDIO,SIAHAAN. 2020. ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’. Jurnal kajian ilmiah,edisi khusus . halaman 1-3.

Thamrin T, M. Hasan, Ilham T, Tuti S, M. Dinar, Rahmatullah, Mustari, M. Ihsan Said A, Inanna, Syamsu R, Nurdiana, Nurjannah, Andi T.A, Muhammad Ilyas T.T, Andi S.R, Nur A, Nur Fatwa, M. Azis, Fajriani A, Atirah, Andika I, Muhammad I.M, Diah R.D.H, Rahim D, Darmawan S, Slamet S. (2020). ‘Perubahan Paradigma pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19: Peluang, Tantangan, dan Strategi’. 184 halaman. Bandung:CV Media Sains Indonesia.

Wirman T. M Riczky A. 2020. ‘Hubungan Covid-19 Terhadap Sektor Pendidikan, Ekonomi, Dan Pertanian (Ekologi) di Indonesia. Jurnal syntax admiration. Vol.1, No. 5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Lestari , D. . (2023). Pendampingan dan Pendataan Pemberian Bansos (Bantuan Sosial) Serta Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak di Masa Pandemi . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 117–125. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1396

Terbitan

Bagian

Articles