Menanamkan Nilai-nilai Peristiwa Khalifah Umar bin Khattab (Wabah Thaun) Berbasis Pendidikan Desa Babakan RT 17/08

Authors

  • Mitha Denita Noormala Sejarah dan Peradaban Islam, Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Agung Purnama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Artikel, Wabah Thaun, Virus Corona, Sejarah

Abstract

Virus corona pertama kali muncul dan terjadi di kota Wuhan, Tiongkok (Cina) yaitu pada awal Desember 2019. Coronavirus ini merupakan virus RNA yang serupa dengan virus flu burung atau AIV (Avian Influenza Virus). Dengan demikian, sama seperti halnya AIV, coronavirus ini mampu mengalami tingkat mutasi yang tinggi serta menghasilkan coronavirus baru yang dikenal oelh sistem kekebalan tubuh. Sebagaimana fenomena yang terjadi saat ini, pernah terjadi juga pada zaman Rasulullah saw. Dan pernah terjadi juga pada zaman sabahat Nabi saw yaitu Umar bin Khattab. Maka dari itu, dengan kejadian yang pernah terjadi pada masa Rasulullah, banyak sekali nilai-nilai yang harus kita tanamkan di masa yang akan datang. Misalnya, pada saat wabah thaun ini terjadi di zaman Rasulullah saw, yang berada di daerahnya haruslah tetap diam didaerahnya. Jangan sampai menghampiri orang yang sehat. Agar tidak terjadi penyebaran virus yang secara signifikan, dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dengan menyikapi fenomena yang terjadi pada saat ini, kita sebenarnya sedang di uji oleh Allah swt

 

References

F. DAFTAR PUSTAKA

Butar-butar, A. J. (2020). Kepustakaan Medis Pandemik di Dunia Islam,. Medan: OIF UMSU.

Dr. H. Aep Kusnawan, M. d. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah. Bandung: Pusat pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Efendi, W. W. (2020). Covid-19: Become a Fully Human Again. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka tama.

Muhammad Qadaruddin, d. (2020). Coronalogy: Varian Analisis & Konstruksi Opini. SulawesiSelatan:IAIN parepare Nusantara Press.

Muhammad Rizka Saomi, M. B. (2020). Islam dan Corona. Kuningan: Goresan Pena.

Prof. Drh. H.R. Wasito, M. S. (2020). Corona Virus. Yogyakarta: Lily Publisher.

Shihab, M. Q. (2020). Corona Ujian Tuhan Sikap Muslim Menghadapinya. Tangerang Selatan: Penerbit Lentera Hati.

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam ilmu Sosial,Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Noormala, M. D. ., & Purnama, A. . (2021). Menanamkan Nilai-nilai Peristiwa Khalifah Umar bin Khattab (Wabah Thaun) Berbasis Pendidikan Desa Babakan RT 17/08. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(67), 93–111. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1377

Issue

Section

Articles