Penerapan Protokol Kesehatan di Desa Pasawahan pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Intan Zahra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ihin Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19,, KKN, Sosial

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu program atau kegiatan pengabdian mahasiswa yang dapat meningkatkan soft skill  sekaligus kompetensi mahasiswa yang dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru dimasa sekarang khususnya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak fisik (Physical Distancing). Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini yaitu di Desa Pasawahan RT/RW 002/011 Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut. Lokasi tersebut merupakan daerah yang cukup padat penduduk dan berada di pedesaan yang cukup  jauh dengan pusat kota. Sehingga, di daerah tersebut masih didapati fenomena yang menunjukan masih kurangnya penerapan protokol kesehatan selama masa Pandemi Covid-19 ini. Maka dari itu, berdasarkan permasalahan tersebut, saya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Supporting Penerapan Protokol Kesehatan sebagai salah upaya dalam pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Pada kegiatan KKN ini kami melakukan sosialisasi berupa pemberian poster sebagai edukasi terhadap Virus Covid-19, pembagian masker kepada masyarakat, membuat tempat cuci tangan.

 

References

Dr. Husnul Qodin, S. M. (2020). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasi Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19). Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Berita Terkini Mengenai Virus Covid-19 Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. WHO. (2020).

Artikel Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2018

Buku Panduan Praktik Lapangan Terpadu (PLT)

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Zahra, I. ., & Solihin, I. . (2021). Penerapan Protokol Kesehatan di Desa Pasawahan pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(67), 26–36. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1372

Issue

Section

Articles