Pemberdayaan Sosial Di Masa Pandemi Serta Meningkatkan Taraf Edukasi Dan Ekonomi Masyarakat Desa Kamasan

Authors

  • Asti Nurul Diani Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fani Siti Afifah Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Assyifa Junitasari Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, ekonomi, sosial, religious, pandemi

Abstract

Profesi warga RT 01 RW 09 Desa Kamasan mayoritas sebagai tenaga pengajar dan juga wirausahawan. Sejak sebelum pandemi lingkungan ini dikenal sebagai Kawasan yang ramai akan kegiatan belajar mengajar dan juga dengan aktifitas berwirausaha. Setalah setahun lebih pandemi berlangsung, warga mulai kesulitan dalam melakukan aktifitas yang biasa dilakukan dan untuk menjalani kehidupan. Maka dari itu para mahasiswa hadir bertujuan untuk membantu memulihkan keadaan yang ada. Dimulai dari melaksanakan program sosial, ekonomi, hingga agama. Metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian dan pengabdian adalah dengan metode observasi / pengamatan lapangan. Warga sangat antusias dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang sudah disajikan. Manfaat dapat dirasakan secara langsung saat kegiatan berlangsung.

References

______, (2008). “Kuliah Kerja Nyata: Peluang Dunia Kampus Memberdayakan Masyarakat.” http://www.rohmat.web.id/?p=45.

/DIKTI/Kep/2006 tentang rambu-rambu pelaksanaan kelompok matakuliah berkehidupan bermasyarakat di perguruan tinggi.

Analysis Archives is http://olam.ed.asu.edu/epaa/. Diunduh 28 Mei

Ditjen Dikti Depdiknas., (2006). Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI nomor

diunduh 28 Mei 2008.

Ginting, Rosalina; Huda, Maftukin; Difanda, Valdyan; & Affandi, Arief. (2020). Permberdayaan Masyarakat Desa Jungsemi Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dan Pelindung Wajah . IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services.

Hasanah, H. (2016, Juli). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M., && Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Teknologi Pendidikan .

Joko Prastowo dan Agus Eko Suyono (eds). (2007). Buku pedoman kuliah kerja nyata pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat (KKN PPM) tinggi di Indonesia. Dit. PPM, Ditjen Dikti Depdiknas.

Qomariah, N. (2016). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PENGEMBANGAN “ SOFT SKILL PEMBUATAN KRUPUK SAMILER” DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS, 1(2), 64-70.

RISTEK-BRIN. (2020). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII. Jakarta Pusat: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Service-Learning in Costa Rica and Indonesia”. Education Policy

Williams, David D., and Eiserman, William D. (2008). “Learning from Others:

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Diani , A. N. ., Afifah , F. S., & Junitasari , A. . (2023). Pemberdayaan Sosial Di Masa Pandemi Serta Meningkatkan Taraf Edukasi Dan Ekonomi Masyarakat Desa Kamasan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 119–136. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1366

Issue

Section

Articles