Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) di Kampung Mulyasari, Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kab. Purwakarta Jawa Barat

Authors

  • Mitha Irawan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Mukhtar Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur'an, TPA, Anak-anak

Abstract

Taman  Pendidikan  Al-Qur’an  (TPA/TPQ)  merupakan  badan  atau fraksi masyarakat yang mengadakan pendidikan non-formal berkategori agama Islam yang tujuannya guna menyediakan pembelajaran baca Al-Qur’an sejak dini, dan mempelajari fondasi dinul Islam pada anak usia TK, SD dan MI bahkan yang lebih tinggi. Disayangkan, TPA di Kampung Mulyasari, Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat yang terbilang baru dibangun belum mempunyai agenda kegiatan pembelajaran yang konsisten serta jelas. Dengan potensi yang besar itu, penulis berupaya membantu jalannya pembelajaran berupa bantuan diadakannya kegiatan pembelajaran yang rutin dan konsisten. Diharapkan, kelak, kegiatan tersebut dapat berkesinambungan dengan sendirinya oleh warga Kampung Mulyasari.

References

Anwar, M. Yusril. 2011. Peranan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an di Pusdiklat TPA Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Provinsi Jawa Tengah. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solo.

Djaelani, Moh. Solikoni. 2013. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat” WIDYA. Vol. 1(2). 100-105.

Gunawan, Ary. 2011. Dalam artikel Kompasiana: Pendidikan Karakter Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA/TPQ). Didapat dari: pendidikan-al-qur-an-tpa-tpq_5500dfbda333117c6f5124af.

Windi. 2009. Kontribusi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Hal Baca-Tulis Al- Qur’an. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Irawan , M. ., & Mukhtar, K. . (2023). Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) di Kampung Mulyasari, Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kab. Purwakarta Jawa Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 82–92. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1363

Issue

Section

Articles