Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Era Pandemi

Penulis

  • Siti Fathonah Nurhidayati Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kata Kunci:

Bimbingan, Motivasi, Pembelajaran jarak jauh

Abstrak

Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia itu menjadikan semua anak sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dirumah masing-masing. Dengan itu orang tau harus memberikan pembelajaran dengan cara memberikan bimbingan serta memberikan motivasi belajar pada anak. Program bimbingan belajar ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan belajar pada anak. Karena ketika anak belajar dirumah mereka akan merasakan bosan dan jenuh. Beda hal nya ketika mereka melakukan pembelajaran didalam kelas bersama gurunya, mereka tidak merasa bosan dan jenuh karena mereka diberikan bimbingan serta motivasi belajar. Program bimbingan belajar ini bertujuan untuk membantu meningkatkan motivasi elajar pada anak ketika melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan memberikan bantuan pembelajaran, memberikan bimbingan belajar serta memberikan tips-tips ketika belajar supaya tidak bosan dan jenuh. Metode yang digunakan yaitu sharing dan diskusi. Hasil dari kegiatan yang telah terlaksana antara lain Bimbingan belajar Individu dan Bimbingan belajar kelompok.

Referensi

Afifah Ainun Nida, S. K. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19.

Jurnal Edukasi dan Sains, 95-105.

Kelurahan Pakuwon. (2021). Profil Kelurahan Pakuwon. Kecamatan Garut Kota. Kabupaten Garut

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Nurhidayati, S. F. . (2023). Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 61–67. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1361

Terbitan

Bagian

Articles