Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kp. Sindang Sari

Penulis

  • Laila Atifah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nano Nurdiansyah2 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Analisis, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19

Abstrak

Kegiatan sosialisasi ditekankan pada hambatan yang dialami oleh peserta didik tingkat Sekolah Dasar/Ibtidaiyah (SD/MI) di Kp. Sindang sari. Pembelajaran jarak jauh atau daring ini merupakan satu-satunya solusi agar pendidikan dapat terus berjalan yang dilakukan melalui jaringan internet. Tetapi dalam pembelajaran jarak jauh ini ada permasalahan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan pembelajaran jarak jauh yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh serta strategi yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Metode deskriptif diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu juga dengan menggunakan pendekatan ceramah, diskusi, dilanjut dengan tanya jawab. Hambatan dalam proses pembelajaran jarak jauh yang sering dihadapi yaitu terbatasnya layanan pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada murid yang disebabkan kurangnya pemahaman guru dalam penggunaan aplikasi pendukung pembelajaran, kurangnya dukungan serta pengetahuan orangtua dalam pelaksanakan pembelajaran jarak jauh, serta terkendala oleh jaringan internet yang kurang memadai. Disamping itu orang tua terkendala oleh ekonomi yang semakin menurun sehingga berakibat kepada keberlangsungan pembelajaran jarak jauh.

Referensi

Basar, Afif Miftahul. Dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1), 209.

Daryanto dan Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fikri, Muhammad, dkk. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 9(1), 145-147.

Rizawati. (2017). Hubungan antara Interaksi Edukatif Guru denagn Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikah Guru Sekolah Dasar, 2(1), 113-120.

Septina, Dwi Lensi. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 41 Ampenan. Pendas: Primary Education Journal. 1(2), 85-87.

Sutia, cece. Dkk. (2020). Tanggapan Siswa, Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi, 11(2), 158.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Atifah , L. ., & Nurdiansyah2 , N. (2023). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kp. Sindang Sari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 56–60. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1359

Terbitan

Bagian

Articles