KKN DR Sisdamas: Edukasi Kesehatan Covid-19 dalam Bentuk Penyuluhan di Desa Cinta Asih Kabupaten Garut

Penulis

  • Hasbi Hermansyah Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Yuyun Yuningsih 2 Manajemen Haji dan Umrah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN DR, Pandemik covid-19, Mahasiswa

Abstrak

KKN DR Sisdamas merupakan program yang dimiliki UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk mahasiswa tingkat akhir. Program ini tentunya bertujuan untuk melatih mahasiswa serta mengamalkan ilmunya dalam hal pengabdian terhadap masyarakat. KKN DR awal mulanya bernama KKN tetapi dengan adanya pandemi Covid-19, maka KKN memiliki nama baru yaitu KKN - DR. Sehingga metode pelaksanaan pun ada yang dirubah. Namun, esensi dari kegiatan KKN sendiri tidaklah jauh berbeda dengan sebelumnya, KKN DR ini memiliki tujuan yaitu  pengabdian kepada masyarakat. KKN DR yang dilaksanakan oleh penulis berlokasi di Kabupaten Garut, Samarang Desa Cinta Asih. Awal mula pelaksanaan KKN disana karena lokasi tersebut cukup strategis dan dilokasi tersebut pun belum pernah dilaksanaan KKN sebelumnya. Dengan demikian penulis semangat untuk melakukan KKN di Desa Cinta Asih. Penulis mengusungkan beberapa program untuk dilaksanakannya KKN di Desa tersebut. Adapun secara garis besar program-program tersebut yaitu berfokus pada Kesehatan, Kebersihan lingkungan, PHBI dan PHBN. Pelaksanaan program kesehatan berupa senam bersama, kemudian terkait kebersihana lingkungan yaitu kerja bakti, serta PHBI dan PHBN berupa perlombaan-perlombaan dan Tabligh Akbar. Adapun tujuan dari diadakanya program-program tersebut guna menjalankan KKN secara efektif meskipun adanya pandemi Covid-19 tidak menjadi pengahalang bagi penulis untuk melaksanakan program tersebut. Metode yang dilakukan pun megikuti metode yang terdapat didalam Juknis. Terkhusus KKN Mandiri terdapat 3 siklus atau tahapan dalam pelaksanaan KKN yaitu Refleksi Sosial, Perencanaan Partisipatif, dan Pelaksanaan Program. Dan dari metode tersebutlah hasil dari KKN ini bisa terlihat, dan terlaksana sebagaimana mestinya. Karena tujuan akhir dari KKN sendiri yaitu untuk memberikan manfaat terhadap masyarakat sekitar.

Referensi

Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Buletin Ilmiah Psikologi , 68-84.

Andry. (2016). Peran Agen Perubahan pada Masyarakat Tradisional untuk Verifikasi Produk Mandai sebagai Bentuk Perubahan Sosial. Jurnal Itenas Rekarupa, 20-44.

Arifin, S. (2014). Mahasiswa Dan Organisasi. Jakarta: Grafindo Persada.

Ciputat, H. C. (2016). Bastra panduan untuk kader HMI. jakarta: HMI Cab. Ciputat.

Habib, C. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten Bode. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 50-62.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19 . Journal Of Business And Entrefrfeneurshif, 83-92.

Harjanti, M., & Sarwoprasodjo, S. (2016). Membangun Kesadaran Berwarganegara Melalui Keterlibatan Mahasiwa Dalam Program Pembangunan. Jurnal Komunikasi Pembangunan , 50-120.

Rifqi, A. (2021). Regional Based KKN Management: Toward Freedom Of Learning During The COVID-19 Pandemic. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 95-105.

(JOKO TRI ATMOJO; ARIS WIDIYANTO)BNPBCOVID19

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Hermansyah , H. ., & Yuningsih, Y. . (2023). KKN DR Sisdamas: Edukasi Kesehatan Covid-19 dalam Bentuk Penyuluhan di Desa Cinta Asih Kabupaten Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 43–55. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1358

Terbitan

Bagian

Articles