Aktualisasi Belajar di Rumah dengan Tatap Muka Guna Menyeimbangkan Pembelajaran Umum Sekolah dengan Baca Tulis Al-Qur’an

Authors

  • Ghea Kharisma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Saeful Mimbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur'an, Berhitung, Membaca, Menulis

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman hidup di dunia bagi umat muslim. Banyak yang mengabaikannya demi kemakmuran didunia. Oleh karena itu, pentingnya mengenal bacaan Al-Qur’an sejak dini, agar Al-Qur’an menjadi pondasi yang kuat untuk menjadi teman hidup bagi seseorang ketika hidup didunia. Dengan adanya Covid-19 ini anak-anak lebih banyak melakukan aktivitas dirumah, saya coba memanfaatkan situasi ini untuk mencoba hal baru dan asyik dalam belajar bersama. Selain itu ada pelajaran di sekolah yang dirasa cukup sulit jika hanya dipelajari secara online, siswa butuh bimbingan secara langsung dari para ahli dibidangnya, yaitu pelajaran matematika. Ilmu matematika yang dianggap cukup sulit bagi anak-anak, akan membersamai mereka dalam program ini. Saya menerapkan konsep berhitung yang menjadi dasar acuan bagi pendalaman pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana anak-anak dengan jenjang SD dan SMP memanfaatkan waktu dirumah untuk memperdalam pembelajaran disekolah tanpa mengesampingkan belajar Al-Qur’an. Untuk metode yang digunakan, saya lebih mengarahkan kepada kebutuhan dan kemampuan dari objek penelitian agar mereka tidak mudah merasa bosan dalam belajar.

References

A.Wardani, Y.Ayriza. (2021) Analisis Kendala Orang tua dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 772-782.

D.R.Wulan, C.D.Rosita, T.Nopriana (2021) Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

E.Kurniawati, D.Kusumadinata N.A, F.Andriani. (2021) Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 241-256

H.S.Bintoro. (2015) Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian. Universitas Muria Kudus.

Nugraheny, Aulia Riska. (2021). Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemic. Banjarmasin : Universitas Lampung Mangkura.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Kharisma, G., & Mimbar, A. S. . (2022). Aktualisasi Belajar di Rumah dengan Tatap Muka Guna Menyeimbangkan Pembelajaran Umum Sekolah dengan Baca Tulis Al-Qur’an. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1341

Issue

Section

Articles