Pemberdayaan Tenaga Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah Melalui Penguatan Kompetensi Pedagogik Pada Pembelajaran Tatap Muka

Authors

  • Mohammad Firman Fauzi Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sinta Nagiina Wati Program Studi Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathin Anjani Hilman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Pendidik

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terdampak Wabah Coronavirus 2019 (Covid-19). Pendidikan adalah salah satu sektor yang terdampak sangat signifikan di masa Wabah Coronavirus 2019 (Covid-19). Pemerintah melalui kebijakan-kebijakannya yang mengharuskan sektor Pendidikan formal secara tatap muka ini harus ditutup untuk sementara waktu, dan diubah menjadi pembelajaran dari rumah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terkait pelaksanaan pendidikan formal yang berada di Zona Hijau diperbolehkan untuk melaksanakan Pembelajaran tatap muka, tentunya dengan penerapan protokol Kesehatan yang ketat. Salah satu wilayah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka adalah kabupaten Cianjur. Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah Cilaku merupakan satu di antara sekolah yang mulai menggelar PTM. Kegiatan Pembelajaran dapat dikaitkan dengan sebuah proses dan usaha tenaga pendidik kepada peserta didik untuk menyampaikan materi, sehingga pembelajaran harus dikemas secara aktif, kreatif dan menyenangkan. Kompetensi tenaga pendidik memegang peran penting dalam hal tersebut, salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Berlandaskan permasalahan tersebut, maka diambillah inisiasi untuk memberi pemahaman yang dititik beratkan kepada Tenaga Pendidik dalam bentuk Sosialisasi terkait urgensi pengembangan Kompetensi pedagogik. Pelaksanaan pemberdayaan penguatan kompetensi pedagogik metode yang digunakan Observasi dan wawancara. Hasil dari pemberdayaan tersebut adalah peneliti memperoleh gambaran yang jelas bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki tenaga pendidik Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah pada pembelajaran tatap muka melalui Tahapan Tenaga Pendidik Mengikuti Progam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), 2) Memotivasi Peserta didik. Kemudian terdapat Faktor Penghambat Bagi Tenaga Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik: 1) Tidak Stabilnya Keadaan Motivasi Yang Dialami oleh Tenaga Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah. 2) Koordinasi Kurang Efektif Yang Terjadi Pada Tenaga Pendidik dan Kepala Madrasah Al-Munawwariyyah. 3) Keterbatasan Pada Sarana Dan Prasarana Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah.

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 19. 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Habibullah, A. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 10(03).

Habibullah, Achmad. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Edukasi. 10(2): 363.

Irham, M. 2016. Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jannah, Noor. 2020. Strategi Implementasi Kompetensi Guru Biologi Dalam Pengembangan Pembelajaran Biologi Di Era Disrupsi. Jurnal of Biology Education. 3(1): 63.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16. 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akadek Dan Kompetensi Pedagogik.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Pasal 28 Ayat 3. 2005. Tentang Standar Nasional

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Fauzi, M. F., Wati, S. N. ., & Hilman, F. A. . (2023). Pemberdayaan Tenaga Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwariyyah Melalui Penguatan Kompetensi Pedagogik Pada Pembelajaran Tatap Muka . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1330

Issue

Section

Articles