Meningkatkan Keterampilan Reading dan Listening Siswa SMP BPPI Baleendah Menggunakan Media Audio-Visual Ber-Subtitle

Authors

  • Al Huda Savero UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asyraff Sulaeman Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Destria Asty F. L Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lusia Ismawati Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bahasa Inggris, Media Audio-Visual, Pengabdian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan reading dan listening siswa/i kelas VIII dan IX di SMP BPPI Baleendah melalui media audio-visual bersubtitle. Dalam penelitian ini, subyek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP BPPI Baleendah. Subyek pelaku tindakan adalah mahasiswa atau peneliti sendiri yang berkolaborasi dengan guru kelas VIII dan IX. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sistem dan metode yang dilakukan dalam penelitian ini berbasis online 80% dan offline 20%, dimana 80% dari kegiatan dilakukan dari rumah dengan membuat materi video pembelajaran yakni complementary text dan narrative text dalam bentuk animasi, kemudian 20% kegiatan dilakukan di sekolah dengan membuat video procedure text dalam bentuk nyata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan reading dan listening siswa yang bedampak dengan meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 20-30%. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi media audio visual ber-subtitle dapat meningkatkan kemampuan reading dan listening pada pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VIII dan IX SMP BPPI Baleendah.

References

Ahmadi. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Carrell, Patricia L. (1990). Interactive Approach to Second Language Reading. California: Cambridge University Press.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran.Bandung: Satu Nusa.

Harmer, Jeremy. (1983). The Practice of English Language Teaching. London: Longman Group Limited.

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1974). Principles of instructional design. Holt, Rinehart & Winston.

Ruddle, M. R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Orencia, M. A. 2006. Enhancing Pupil Reading Comprehension. Celea Journal, 5.

Rubin, D. 2011. A Practical Approach to Teach Reading. Boston: Allyn dan Bacon.

Yunus, Abidin. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama

Moleong, L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Syaodih, E. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Educare.

Published

2023-10-24

How to Cite

Savero, A. H. ., Sulaeman, A. ., L, D. A. F. ., & Ismawati, L. (2023). Meningkatkan Keterampilan Reading dan Listening Siswa SMP BPPI Baleendah Menggunakan Media Audio-Visual Ber-Subtitle. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1329

Issue

Section

Articles