Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Batukarut di Tengah Pandemi Melalui Program Pendampingan Pemberian Bantuan Sosial

Authors

  • Miftah Herdin Alfanza Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bansos, Covid-19, Masyarakat

Abstract

Penyebaran wabah Covid-19 mengakibatkan efek domino bagi semua sektor yang berawal dari persoalan kesehatan ke persoalan sosial, ekonomi, hingga politik. Menghadapi situasi tersebut pemerintah telah merancang berbagai kebijakan untuk menanggulangi permasalahan yang ada. Tidak terkecuali permasalahan ekonomi. Dalam permasalahan ekonomi ini cukup luas cakupannya karena disini berbicara mengenai masyarakat. Dalam permasalahan ekonomi seperti ini banyak masyarakat terutama masyarakat kecil yang terdampak cukup keras dalam sektor ekonominya. Terdapat beberapa warga yang dirumahkan, bahkan PHK. Maka perlu dilakukan kegiatan yang berupaya untuk meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan pihak pemerintah desa setempat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat desa Batukarut. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Pendekatan Participatory Action Research (PAR) merupakan pendekatan yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Tujuannya tentu saja untuk meringankan beban yang mereka pikul selama pandemi ini. Hasil dari kegiatan ini adalah tanggapan positif dari masyarakat karena mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini dan sangat berharap agar kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dan lebih merata.  

References

Alfitri. ((2012)). KIdeologi welfare state dalam dasar negara Indonesia: analisis putusan mahkamah konstitusi terkait sistem jaminan sosial nasional. Jurnal Konstitusi .

Gitosaputro, S. (2006). Implementasi Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Pemberdayaan Masyarakat. . Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.

Marlinah, L. (2021). Memanfaatkan Insentif Pajak UMKM Dalam Upaya Mendor ong Pemulihan Ekonomi Nasional . Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 .

Moeliono, I. D. (1996). Kebijakan dan strategi menerapkan PRA dalam Pengembangan Program. . Bandung: Driya Media. .

Rahmansyah, W. Q. ((2020).). Jurnal Pajak dan Keuangan Negara . Pemetaanpermasalahan penyaluran bantuan sosial untuk penanganan covid-19 di indonesia.

Sitanggang, B. T. ((2014)). . Implementasi kebijakanpenyaluran hibah dan bantuan sosial kemasyarakatan di kabupaten kubu raya . Jurnal Tesis PMIS-UNTAN.

Sosial., K. ((2017)). Pedoman umum pelaksanaan sistem layanan dan rujukan terpadu untuk perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan. Jakarta: Kementerian Sosial.

Susilo, A. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 7 No.1 Maret 2020.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Alfanza, M. H. ., & Solihin. (2023). Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Batukarut di Tengah Pandemi Melalui Program Pendampingan Pemberian Bantuan Sosial. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1324

Issue

Section

Articles