Pemberdayaan Melalui Optimalisasi Pengolahan Gula Semut di Desa Puncak Baru Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur

Authors

  • Dimas Krismayadi Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathin Anjani Hilman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Gula Semut, Pandemi Covid, Pemberdayaan, Perubahan Sosial

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang berfokus pada  pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk di lakukan. Kondisi sosial ekonomi yang menurun dimasa pandemi Covid-19 merupakan dampak yang dirasakan masyarakat Cikupa. Perubahan sosial yang diakibatkan masa pandemi banyak yang mengalami penurunan dalam berbagai aspek dengan diberlakukanya pembatasa baik pendidikan dan sosial ekonomi. Dengan lingkungan pedesaan Kp Cikupa kaya akan  Potensi alam yang dapat di manfaatkan. Salah satu olahan tersebut  dengan menjadikanya gula semut yang memiliki nilai jual serta dapat dimanfaatkan bagi masyarakatnya untuk meningkatkan perekonomian dan merangsang terciptanya perubahan yang lebih baik .Upaya pemberdayaan dilakukan dalam program KKN DR SISDAMAS melalui tahapan refleksi sosial, participatif planning dan pelaksanaan program.

References

Elly M Setiady. (2006). Ilmu Soisla dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.

Husnul Qadim, d. (2021). Petunjuk Teknis (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat KKN-DR Sisdamas Masa Wabah Covid-19). Bandung: Husnul Qadim, dkk. (2020. ). Petunjuk Teknis (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Be LP2M UIN SGD.

Koening, S. (1957). Mand and Society The Basic Teaching of sociology. New York: Barners & Noble Inc.

Risyanti, R. D. (2006). Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang: Alqaprit Jatinegoro.

Soekanto, S. (1974). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Yayasan Penerbit Universitas Indonesia

Widjaya, P. G. (2017). ANALISIS SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN MARKETING . AGORA.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Krismayadi, D., & Hilman, F. A. . (2023). Pemberdayaan Melalui Optimalisasi Pengolahan Gula Semut di Desa Puncak Baru Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1321

Issue

Section

Articles