Urgensi Penyuluhan Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Fauziah Kurniasari Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Futri Safitri Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu sosial dan politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maulana Rafii K Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ramdhan Dzulharizq Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Masyarakat, Perilaku hidup bersih dan sehat

Abstract

Di masa pandemic covid-19 seperti sekarang ini kebersihan menjadi aspek yang sangat diperhatikan dalam kehidupan bermasyarakat. Kini banyak masyarakat menerapkan kebiasaan berperilaku bersih dan sehat untuk meminimalisir terjadinya penularan covid-19. Penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dari orang lain dan menghindari kerumunan juga menjadi kebiasan baru masyarakat. Namun demikian, ada saja sejumlah masyarakat yang masih enggan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-harinya. Hal itu terjadi pada masyarakat Kelurahan Perigi Baru Kota  Tangerang Selatan. Masyarakat di daerah ini masih banyak yang mengabaikan perilaku hidup bersih. Karena itulah kami terdorong untuk melakukan penyuluhan kebiasaan perilaku bersih dan sehat. Penyuluhan kesehatan diadakan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.  Penyuluhan dilakukan di TPA Nurul Jumah dengan subyek anak-anak. Kami antara lain memberikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi serta tata cara mencuci tangan yang baik kemudian mempraktekannya bersama-sama. Adapun hasil penyuluhan antara lain berupa kemampuan anak-anak TPA Nurul Jum`ah menyikat gigi dan mencuci tangan dengan benar, di samping tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

References

Anggraeni, S., Utami, D., Izzudin, A., Hadiarto, R., & Mandala, Z. (2021). PROGRAM HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASA PANDEMI DIKELURAHAN BAKUNG . Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2), 279–284.

Fajaruddin Natsir, M., Lingkungan, J. K., & Kesehatan, F. (2018). PENGARUH PENYULUHAN CTPS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SDN 169 BONTO PARANG KABUPATEN JENEPONTO The Effect of CTPS Counseling On Improving Students Knowledge of SDN 169 Bonto Parang Jeneponto District (Vol. 1).

Friskarini, K., & Sundari, T. R. (2020). PELAKSANAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (TANTANGAN DAN PELUANG) SEBAGAI UPAYA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR. JURNAL EKOLOGI KESEHATAN, 19(1), 21–34. https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3058

Maryunani, A. (2014). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), untuk mahasiswa Kesehatan dan Petugas Kesehatan. Trans Info Media.

Rahmawati, I., Hendrartini, J., Priyanto, A., Kesehatan Banjarbaru, P., Selatan, K., Kedokteran Gigi, F., & Provinsi Yogyakarta, B. (2011). Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar Dental and Oral Health Behavior among Elementary School Students. In Berita Kedokteran Masyarakat (Vol. 27, Issue 4).

S., Erwin Ashari, A., Ganing, A., Mappau Jurusan Kesehatan Lingkungan, Z., Kemenkes Mamuju, P., & Poros Mamuju-Kalukku Km, J. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SENAM CUCI TANGAN PAKAI SABUN. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(1), 11–18.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Kurniasari, F., Safitri, F. ., K, M. R., Dzulharizq, M. R. ., & Bahrudin. (2023). Urgensi Penyuluhan Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1308

Issue

Section

Articles