Partisipasi Pencegahan Covid-19 Melalui Program Vaksinasi Untuk Meningkatkan Kepedulian Kesehatan Masyarakat di Puri Cendana Rw 15

Authors

  • Asep Saiful Mimbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bagas Aditama Program studi ilmu komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Harits Izzil Islam Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nyulih Miftakhussurur Isman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Martha Putri Anggraeni Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Melinda Herawati Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesehatan, Masyarakat, Vaksin

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar mengadakan sosialisasi dan program vaksinasi guna menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin ternyata masih rendah. Hal ini merupakan masalah yang harus segerah diselesaikan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat tentang kesehatan. Kegiatan dilakukan mulai dari pembuatan iklan layanan masyarakat sampai pada keikutsertaan dalam program vaksinasi di Puri Cendana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi meningkat, dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat yang datang untuk di vaksin.

References

Hadiarto Purba, Iman Pasu Marganda. 2021. Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan Di Jawa Timur Menghadapi Pandemi Covid 19. Jurnal Pahlawan Vol. 4 No. 1.

Khasanah, Kharismatul, dkk. 2021. Edukasi dan Evaluasi Tingkat Pengetahuan Warga Sekitar Masjid di Daerah Pekalongan Barat Mengenai Penggunaan Handsanitizer Guna Pencegahan Covid-19. Jurnal ABDIMAS Vol.2 No. 1.

Nastia, dkk. (2021). Penanganan Penyebaran Covid-19. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian Vol. 5 No.1.

Nurul, Arinil, dkk. 2021. Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia Vol 6, No 1.

Nurul, Ladi. (2021). Peran dan Kebijakan Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Eknomi Vol 2, No 1.

Suharmanto. (2020). Perilaku Masyarakat dalam Pencegahan Penularan Covid-19. Jurnal Kesehatan. Vol 4, No 2.

Susilo, Adityo, dkk. (2019). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 7 No. 1.

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19.( Bandung: LP2M UIN SGD Bandung,2020)

Zhafirah, Nadhilah dan Susanna Dewi, 2018. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Gangguan Pernafasan pada Balita di Kawasan Pesisir Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat. Jurnal Nasional Kesehatan Lingkungan Global Vol 1, Issue 1.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Mimbar, A. S., Aditama, B., Islam, M. H. I., Isman, N. M. ., Anggraeni, M. P., & Herawati, M. (2023). Partisipasi Pencegahan Covid-19 Melalui Program Vaksinasi Untuk Meningkatkan Kepedulian Kesehatan Masyarakat di Puri Cendana Rw 15. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1305

Issue

Section

Articles