Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Transisi Covid-19 Melalui Bank Sampah (Studi Kasus Kampung Pasar awi, Desa. Sukajaya, Kecamatan. Sukaresmi, Kabupaten. Garut)

Authors

  • Sahrul Abidin Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risa Rahmawati Sunarya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bank Sampah, Covid-19, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Perubahan cara pandang masyarakat terhadap sampah masih sangat perlu ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan. Pentingnya edukasi kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah dengan menerapkan metode 4R (Reduce, Reuse, Recycle dan Replant) dapat membantu menyelesaikan permasalahan sampah melalui pengelolaan sampah sejak dari sumbernya. Bank sampah merupakan sebuah alternatif dalam pengelolaan sampah yang dicanangkan oleh kementerian Lingkungan Hidup untuk mengatasi permasalahan sampah di masyarakat. Program Bank Sampah yang diintegrasikan dilaksanakan di Desa Sukajaya, kecamatan Sukaresmi, kabupaten Garut. Pada dasarnya bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering yang kemudian dipilah serta memiliki sistem manajemen seperti halnya perbankan, tetapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan bank sampah dan sosialisasi yang bekerja sama dengan komunitas dan kemitraan terkait dapat meningkatkan partisipasi (Interaksi dan Komunikasi) serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.  Bank sampah di Desa Sukajaya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut ini telah memberikan manfaat kepada msyarakat dengan berkurangnya timbulan sampah di lingkungan dan terwujudnya lingkungan sehat yang bersih, hijau, dan nyaman. Selain manfaat bagi lingkungan sekitar, kegiatan bank sampah juga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Pengelolaan sampah yang terintegrasi dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.

References

Alex, S. (2015) Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(1), 136.

Saehu, Andang. Fitriyani Nugraha. 2019. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Alkhidmat.Vol.2 No. 2. Hal.15-25

Selomo, M., Birawida, A. B., & Mallongi, A. (2016). BANK SAMPAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PENANGANAN SAMPAH DI KOTA MAKASSAR The Waste Bank is One of Good Solusion for Handling Waste in Makassar City. Jurnal MKMI, 12 no 4(Desember), 232–240.

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi, 5(1), 71–84.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Abidin, S., & Sunarya, R. R. (2023). Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Transisi Covid-19 Melalui Bank Sampah (Studi Kasus Kampung Pasar awi, Desa. Sukajaya, Kecamatan. Sukaresmi, Kabupaten. Garut). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1304

Issue

Section

Articles