Pembuatan Handsanitizer Otomatis Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan

Authors

  • Alvi Syihab Misbahuddin Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh Progra Studi Matematika, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Kontak Fisik, Handsanitizer otomatis

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia telah berlangsung sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini.  Penyebaran virus COVID-19 terjadi sangat cepat karena diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya terjadi melalui hidung atau mulut manusia dan adanya kontak fisik atau bersentuhan. Selain menggunaka masker dan menjaga jarak, cara untuk mencegah penyebarannya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun atau dengan menggunakan handsanitizer. Namun masih ada kemungkinan terjadinya kontak fisik antara manusia dengan alat handsanitizer tersebut. Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah dengan membuat alat handsanitizer otomatis. Cara kerja dari handsanitizer otomatis ini adalah mendeteksi tangan yang masuk kedalam alat menggunakan sensor dan akan mengeluarkan cairan handsanitizer secara otomatis tanpa harus disentuh.

References

Asni T., Dwi Sri S. (2020). Handsanitizer Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Atmega 328 Guna Pencegahan Penularan Virus Corona. Jurnal EKOMTEK V,4( 2), 127-135.

Etriyanti, Nova F., Harmawati. (2020). Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas Saintika V,2(1), 33-39.

Jeki Refialdinata. (2020). Analisis Upaya Pencegahan COVID-19 pada Masyarakat Kampus. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan V,12(2), 58-68.

Marfin, Ariyawan S., Aripin T., Seflahir D., Edwar M., Nanang A., Sefudin T., Fitra R., Danu I. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Hand Sanitizer Otomatis Mencegah COVID-19 dan Santunan Anak Yatim Dhuafa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion V,01(01), 85-95.

Tri H.S., Herda A.P., Bondan W., Reza H., Romi S. (2020). Rancang Bangun Mesin Cuci Tangan Otomatis Portabel untuk Mengurangi Efek Pandemi COVID 19. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat V,4(2), 534-540.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Misbahuddin, A. S. ., & Khumaeroh, M. S. (2023). Pembuatan Handsanitizer Otomatis Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1303

Issue

Section

Articles