Peran Mahasiswa Kkn-Dr Untuk Meningkatkan Antusias Anak-Anak pada Masa Pandemi Virus Covid-19 di Dusun 04 Desa Cipada

Authors

  • Izqi Hermalianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Pendidikan, Mahasiswa

Abstract

Kemunculan virus covid 19 ini memberikan banyak dampak terutama pada sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia telah menghimbau warga untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Pendidikan dimasa pandemi ini bertujuan untuk tetap memajukan anak bangsa Indonesia. Program meningkatkan antusias anak anak menghadapi sekolah daring ini dilaksanakan di desa Cipada dusun 04 Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Metode disini untuk bertujuan agar sekolah online bisa diterima dengan baik dan antusias oleh masyarakat khususnya anak-anak. Selain itu juga metode yang dilakukan oleh peserta KKN-DR sisdamas ini lebih fokus kepada mengajar dan memberikan pengetahuan tentang menghadapi sekolah dirumah. metode deskriptif dapat digunakan dalam program meningkatkan antusias siswa ini untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan menjelaskan, mengkategorikan, dan menginterpreksikan data yang di dapat. Adapun cara mahasiswa unruk mengukur meningkatkan semnagat anak-anak adalah dengan mengadakan permainan dan membaikan hadiah. Melalui program tersebut mahasiswa bisa melihat berapa indikator capaian peningkatan antusias pada anak diantaranya ada rasa keinganan untuk pencapaian tujuan dengan berusaha melakukan yang terbaik

References

The emergence of the COVID-19 virus has had many impacts, especially in the education sector. The Indonesian government has urged residents to stay indoors and self-isolate. Education during this pandemic aims to continue to advance the children of the Indonesian nation. The program to increase children's enthusiasm for facing this brave school was carried out in Cipada village, hamlet 04, Cikalong Wetan District, West Bandung Regency, West Java Province. The method here aims for online schools to be well received and enthusiastic by the community, especially children. In addition, the method used by the KKN-DR Sisdamas participants is more focused on teaching and providing knowledge about dealing with school at home. Descriptive methods can be used in the program to increase students' enthusiasm to analyze data obtained through observation and interviews by explaining, categorizing, and interpreting the data that can be obtained. The way for students to measure improving children's enthusiasm is by holding games and fixing prizes. Through this program, students can see how many achievement indicators increase enthusiasm in children, including a sense of desire for goals by trying to do their best

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Hermalianti, I. ., & Asro, M. (2021). Peran Mahasiswa Kkn-Dr Untuk Meningkatkan Antusias Anak-Anak pada Masa Pandemi Virus Covid-19 di Dusun 04 Desa Cipada. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(69), 55–62. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1300

Issue

Section

Articles