Metode Maqdis Dalam Pembelajaran Rumah Qur'an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di MDT Nurul Falah

Authors

  • Fitri Milenia Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yumna Yumna Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Metode MAQDIS, Peserta Didik, Rumah Qur'an

Abstract

Program pembelajaran kegiatan Rumah Qur'an menggunakan metode MAQDIS dilaksanakan pada peserta didik berbagai tingkat usia yaitu kelas 1 sampai 6 SD yang mengaji di MDT Nurul Falah di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Jawa Barat. Antusias yang sangat tinggi pada peserta didik untuk mencari ilmu agama sehingga mencapai jumlah sekitar 200 anak, sedangkan tenaga pengajar utama hanya 1 yaitu Bapak Wirasta dan dibantu oleh tenaga pengajar bantuan yaitu beberapa orang dari masyarakat setempat untuk mengkoordinir per kelas. Tujuan dari diadakannya kegiatan pembelajaran Rumah Qur'an ini yaitu untuk mengenalkan dan menerapkan sutu metode yaitu metode MAQDIS baik berupa teori tajwid, tahsin, dan tahfizh dalam mempelajari Al-Qur'an di MDT Nurul Falah. Metode yang dilakukan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi, tanya jawab, dan tes baik berupa tulis maupun lisan. Adapun hasil dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan Rumah Quran ini yaitu peserta didik mampu menerapkan metode maqdis yang diajarkan baik dalam tajwid, tahsin, dan tahfizhnya dalam membaca Al-Qur'an.

References

Ahmad, Dede. 2019. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Sukamantri 03 Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 20¹9/2020. Prosising Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam. (Diakses 5 September 2021)

Hartanti, Anindya dkk. 2021. Tahfidz Qur'an Dengan Metode Tasmi' Dan Sambung Ayat (strategi pengorganisasian, penyajian, dan pengelolaannya di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang). Al-Fikru : Jurnal Ilmiah. Vol. 15, No. 2. (Diakses 24 September 2021)

Ifadah, Rifatul dkk. 2021. Penerapan Metode Tasmi' dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Siswa MI. IQ (Ilmu Qur'an) : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 1. (Diakses 24 September 2021)

Kartika, Tika. 2019. Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol 2, No. 4. (Diakses 24 September 2021)

Maria, Nofi dkk. 2021. Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi. Vol 73, No. 1. (Diakses 24 September 2021)

Nurul, Sa'adah dkk. 2021. Metode Pembelajaran Al-Qur'an Di Sekolah Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Qur'an (Taudsaqu) Jember: Kajian Living Qur'an. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Jember. Vol. 14, No. 1. (Diakses 4 September 2021)

Shodiq, Muhammad dkk. 2017. Pola Pengembangan Tahfidzul Qur'an. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam. Vol. 1, No. 1. (Diakses 24 September 2021)

Siroj, Malthuf dkk. 2019. Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metide Tahfidz Al-Qur'an.

Wijaya, H Tias dkk. Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Siswa Kelas Xi Sma Al-Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam. (Diakses 23 September 2021).

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Milenia , F. ., & Yumna, Y. . (2022). Metode Maqdis Dalam Pembelajaran Rumah Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MDT Nurul Falah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 46–59. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1284

Issue

Section

Articles