Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sunia Lama

Authors

  • Yuri Yusnia Kartika Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ade Iwan Ridwanullah Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran, Kegiatan, Mahasiswa, Anak-anak

Abstract

Penyebaran pandemi virus COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Demi mengejar ketertinggalan pelajaran di sekolah pada saat daring dan sebagai bentuk upaya untuk mengoptimalkan kualitas belajar anak di Desa Sunia, perlu dilakukan beberapa program unggulan pada saat KKN untuk mewujudkan hal tersebut. Ditulisnya artikel ini adalah bertujuan untuk mengetahui, menganalisis sekaligus memaparkan beberapa kegiatan pembelajaran terhadap anak-anak di Desa Sunia yang dilakukan pada saat KKN-DR. Metode yang digunakan adalah metode tindakan, yang dimana mahasiswa terjun langsung ke masyarakat, kemudian dilakukan beberapa tahap yaitu tahap pertama, mahasiswa melakukan survei ke desa Sunia. Tahap kedua, mahasiswa mempersiapkan segala hal untuk program yang akan dilaksanakan. Tahap ketiga, mahasiswa melaksanakan kegiatan di desa Sunia dan merealisasikan semua program yang telah direncanakan. Tahap terakhir yaitu evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa kepada aparat desa dan beberapa tokoh masyarakat mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan. Dilaksanakannya kegiatan yaitu dimulai dari kegiatan ruang belajar yang terdiri dari 4 bidang yaitu pengetahuan umum, bahasa, seni dan agama. Kemudian, gerakan mengajar ke sekolah seperti Kober Khasanah blok Desa, Kober Nurdjati blok Teja, TK Pertiwi blok Desa, SDN Sunia 1 dan DTA PUI Sunia. Selanjutnya kegiatan mengaji yang dilakukan setelah shalat maghrib sampai tiba waktu Isya yang diikut sertakan oleh anak SD dan SMP.

References

Saifulloh, Moh. 2012. STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5 No. 2

Elfahmi. Roni. 2020. UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 3 SEUNAGAN. Bionatural, Vol VII No 2

Yudiana; Ni'am, Kholidun; Lubis, Fitriya Ariyani. 2019. PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA CIBANTENG. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Suci, Rahayu Puji; Suhermin; Triyonowati. 2017. PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI PENYEDIAAN SARANA PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PADA POS PAUD DI KELURAHAN MERJOSARI MALANG. JIP, Vol.7, No. 1, Edisi Januari 2017

Asra, Revis; Naswir, M.; Kalsum; Syaparuddin; Lestari, A. Puji. 2018. PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN UNTUK ANAK SUKU ANAK DALAM DI DUSUN SELAPIK, KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Volume 1 Nomor 1

Churaez, Fiza Ishlahiyya. 2020. PEMBUATAN DAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN: KEGIATAN KKN EDISI COVID-19 DI DESA BRINGIN, MALANG. Volume 2, Nomor 2, Juni 2020. e-ISSN : 2656-4661

YeniFitriyani, Raden. 2020. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Online pada Massa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kompasiana.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Kartika , Y. Y. ., & Ridwanullah, A. I. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sunia Lama. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 114–124. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1275

Issue

Section

Articles