Edukasi Pembuatan Susu Kefir dan Pengelolaan Sampah sebagai Sarana Peningkatan Produktifitas di Era Pandemi

Authors

  • Dika Permana Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fuad Azhari Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Permasalahan masyarakat, UMKM

Abstract

Kuliah kerja nyata merupakan suatu sarana dari perwujudan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian, sebagai indeks pembangunan warga melalui mahakraya dan bukti yang nyata. Kuliah Kerja Nyata adalah sebuah usaha nyata pada lingkungan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan yang dicanangkan oleh mahasiswa menjadi individu yang lengkap dengan bimbingan guru atau dosen baik dalam memanfaatkan ilmu, kemampuan menganilis permasalahan dan kondisi sosial masyarakat, serta memberikan solusi dalam mengatasi berbagai masalah sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan maupun politik sesuai bidang yang di kuasai. Dilihat dari problematika yang terjadi dilapangan kami membagi permasalah menjadi 4 yaitu bidang pendidikan, keagamaan, kewirausahaan, lingkungan sosial dan infrastruktur, namun yang menjadi titik berat pembahasan kali ini adalah tentang kewirausahaan yakni pemberdayaan UMKM yang ada di desa tersebut. Data dikumpulkan melalui 4 siklus yaitu refleksi sosial, , pengorganisasian, pengelolaan, dan pelaksanaan . Hasil dari Kuliah kerja Nyata ini adalah masyarakat yang unggul dan cerdas dengan pembekalan ilimu dan edukasi sebagai bekal kemajuan masyarakat di bidang ekonomi dan kesehatan.

References

Anggraini, D. (2012). Pengaruh Jenis Sampah, Komposisi Masukan, dan Waktu Tinggal terhadap Komposisi Biogas dari Sampah Organik. Jurnal Teknik Kimia, 17 - 23.

Nurmayadi , D., & Hendardi , A. R. (2020). Pengelolaan Sampah dengan Pendekatan Behavior Mapping di Pasar Tradisional Kota Tasikmalaya. Jurnal Aksitektur Zonasi, 45 - 52.

Taufiq, A., & Maulana, M. F. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 68-73.

Zamzami, E. M., Ilmu, K., & Tahrirah , T. (2018). Analisis Pengelolaan Sampah pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Permana , D. ., & Azhari , F. . (2022). Edukasi Pembuatan Susu Kefir dan Pengelolaan Sampah sebagai Sarana Peningkatan Produktifitas di Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 107–113. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1274

Issue

Section

Articles