Pemberdayaan Bank Sampah dan Umkm di Desa Sumurugul

Authors

  • Ajeng Fenny Agustin Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Mulia Sa’adah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rd. Amar Muslih Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Karang Taruna, Bank Sampah, UMKM

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR SISDAMAS) ini mengangkat tema mengenai peran karang taruna dalam pemberdayaan bank sampah dan UMKM di Desa Sumurugul. Tujuannya difokuskan terhadap bagaimana peran pemuda Desa Sumurugul dalam permasalahan yang ada. Dalam hal ini, yang menjadi fokus permasalahan 1) sampah yaitu melalui bank sampah dan 2) pemberdayaan UMKM di Desa Sumurugul.

Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana proses pemberdayaan pemuda yang dilakukan oleh Karang Taruna melalui kegiatan bank sampah dan kewirausahaan di desa Sumurugul Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama dengan Karang Taruna Desa Sumurugul.  Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yakni dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan memverifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pelaksanaan program pembangunan di Desa Sumurugul dalam bidang fisik dan non fisik terbagi menjadi tiga macam, yaitu peran aktif, peran partisipatif, dan peran pasif. 2) Persepsi masyarakat terhadap peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan di Desa Sumurugul yaitu peran pemuda dianggap penting, serta peran pemuda dalam pelaksanaan program pembangunan dinilai telah maksimal. 3) para pemuda yang diwadahi oleh karang taruna Desa Sumurugul terampil, kreatif, dan memiliki kemampuan serta pengetahuan baru yang dapat membantu mereka untuk dalam upaya memecahkan permasalah yang ada serta dapat meningkatkan kualitas diri mereka. Dibuktikan dengan adanya perpustakaan di Desa sumurugul. Hasil yang baik ini dapat diraih melalui kerjasama dan keterlibatan semua pihak yang dilakukan secara maksimal sehingga mendapatkan hasil yang makasimal pula.

References

Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UIN SGD Bandung (2021). Panduan KKN DR SISDAMAS (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008. Tentang pengelolaan sampah. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Kartini. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menabung Sampah serta Dampak Keberadaan Bank Sampah Gemah Ripah [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor; 2009.

Potensi Desa Dan Kelurahan. 2021. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007.

Ahmad, F. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas Lokal (Studi Deskriptif Bank Sampah “Poklili”, Kota Depok) [Skripsi]. Depok : Universitas Indonesia; 2012

Lokita, D. A. Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah (Kasus Implementasi Corporate Social Responsibility PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeurep, Kabupaten Bogor) [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor; 2011

Utari, Andra Lita.2020. Upaya Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Pemuda Di Desa Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi.

http://repository.radenintan.ac.id/12419/

DEPKOP. 2020. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. http://www.depkop.go.id/data-umkm.

Naswandi Nur, Lia Wijayanti. 2020. Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk. Jurnal

http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Restari DMI. 2020. Pandemi Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku Bisnis UMKM. Jurnal Entrepreneur.

https://www.jurnal.id/id/blog/keluhanpara-pelaku-bisnis-umkm-saat-corona/.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Agustin , A. F. ., Sa’adah , S. M., & Muslih , R. A. (2022). Pemberdayaan Bank Sampah dan Umkm di Desa Sumurugul. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 77–95. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1272

Issue

Section

Articles