Sosialisasi Urgensi Kesadaran Akan Pendidikan (Pengabdian Masyarakat di Kampung Karang Asih Bandung)

Authors

  • Atthaya Salwa Novelia Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eneng Nuraeni Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesadaran, pendidikan

Abstract

Kondisi Pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak pada sistem pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini dan Remaja. Pembelajaran yang dilakukan secara daring belum terlaksana secara efektif. Dilihat dari penurunan kemampuan belajar siswa di Kampung Karang Asih yang terletah di RW 03 Kelurahan Sadang Serang Kota Bandung. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran para orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak dan mendorong anak-anak agar lebih bersemangat dalam menuntut ilmu. program yang peneliti rancang adalah pembuatan sebuah lembaga pendidikan yang berbentuk kelompok belajar. Program yang dirancang untuk mencapai yaitu seminar parenting, mengaji, literasi, dan bimbingan belajar (bimbel). Hasil dari pengabdian yang peneliti lakukan adalah orang tua menjadi sangat mendukung akan pendidikan anak-anak mereka. Selain itu, anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

References

Hamka, Buya. 2015. Lembaga Hidup. Jakarta: Republika. Hal. 43.

Haryadi, Didik dkk. 2020. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press.

Mulyana, dkk. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualiatas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siahaan, Matdio. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No. 1, Hal. 1-3.

Suherman, Uman dkk. 2019. Tantangan Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: LEKKAS. Hal. 17.

Sulisworo, Dwi. 2020. Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: CV MARKUMI.

Syah Aji, Rizqon Halal. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan , dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya SYAR-I, Vol 7, No. 5. Diakses pada 04 September 2021 pukul 10.05 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314/0

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Novelia , A. S. ., & Nuraeni, E. . (2022). Sosialisasi Urgensi Kesadaran Akan Pendidikan (Pengabdian Masyarakat di Kampung Karang Asih Bandung). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 61–65. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1270

Issue

Section

Articles