Penggunaan Aplikasi Shopee dan Facebook dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Borondong Manis di Desa Laksana

Authors

  • Ami Yuningsih Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Firmansyah Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wanda Nurazizah Balqis Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Aplikasi, Pemasaran, Borondong Manis

Abstract

Teknologi menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia, teknologi yang berkembang di dunia juga berdampak besar pada bidang Ekonomi contohnya dengan adanya berbagai aplikasi marketplace dan online shop. Namun pada daerah tertentu masih banyak para pengusaha yang kurang memahami teknologi saat ini, sehingga pemasaran dan penjualan produknya rendah karena hanya dilakukan secara offline, salah satunya adalah pengrajin borondong manis di desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Pengabdian ini bertujuan untuk Memperluas strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan Borondong Manis dengan memaksimalkan teknologi informasi yaitu aplikasi shopee dan facebook, dengan menggunakan metodologi pengabdian yang mencakup empat tahap yaitu indentifikasi masalah, persiapan strategi pemasaran berbasis teknologi informasi, lauching produk dan evaluasi. Dengan dilakukannya branding dan pemasaran terhadap borondong manis Padi Mekar melalui penggunaan aplikasi shopee dan facebook ini bisa menarik perhatian pengrajin borondong lainnya serta meningkatkan pemasaran dan penjualan produk borondong manis di desa Laksana.

References

Farki, Ahmad. (2016). Pengaruh online customer dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Instutusi Teknologi Sepuluh Nopember.

Hadi, Antonius Sastria dan Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No. 1 Maret 2020, Hal. 127-132

Anggoro, Dani. Humisar Hasugian dan Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Priduk Di Masa Pandemi Covid-19.JURPIKAT: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol.1 No.3 Desember 2020.

Irfani, Hadi. Fitri Yeni dan Rika Wahyuni.(2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran pada UKM dalam Menghadapi Era Industri 4.0.JCES ( journal of character education society) Vol 3, No 3, Oktober 2020, hal 651-659.

Yulianto, Fifit Alfiah, Eka Purnama Harahap, Baiq Aneji Pahad, Andriyanto, Ian An Azhari, Riyan Sindi Sapu.(2015). Analisa Peranan eknologi Internet sebagai Media Transaksi E-commerce dalam MeningkatkanPerkembangan Ekonomi. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015. STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-8 Februari 2015.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Yuningsih , A. ., Firmansyah , I. ., & Balqis , W. N. (2022). Penggunaan Aplikasi Shopee dan Facebook dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Borondong Manis di Desa Laksana. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 16–25. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1262

Issue

Section

Articles