Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif di Dusun Cicelot Desa Cisarua Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Difa Andika Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muji Kaliya Januar Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rima Melati Sapara Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yuningsih Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Augmented Reality, Pendidikan, Pengabdian, Aplikasi

Abstract

Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan virus yang sangat cepat penyebarannya, saat ini sedang menjadi topik utama isu di dunia. Tanpa terkecuali Indonesia, dengan adanya covid-19 ini menyebabkan perubahan yang signifikan untuk kehidupan yang berdampak ke semua aspek khususnya Pendidikan. Diberlakukannya beberapa kebijakan pembatasan aktivitas mengharuskan sekolah tidak beroperasional sehingga pelajar melakukan pembelajaran secara daring. Perkembangan TIK yang pesat menjadi jalan utama untuk permasalahan tersebut, namun masih banyak kekurangan diantaranya pengelolaan sistem belajar dari pengajar yang kurang menarik. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif yang mana paling tepat dalam menangkap persepsi manusia hanya dengan kontak langsung dan pikiran terbuka serta lewat proses induktif dan interaksi simbolik manusia bisa mengenal dan mengerti sesuatu. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Cicelot Rw 01 dan 02 Desa Cisarua, Kecamatan Cimalaka dengan objek penelitian kepada anak usia dini dan orangtuanya. Hasil dari penelitian ini terciptanya media pembelajaran interaktif yang menggunakan Augmented Reality yang dapat digunakan anak usia dini.

References

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Andika , D. ., Januar , M. K. ., Sapara, R. M. ., & Yuningsih , Y. . (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif di Dusun Cicelot Desa Cisarua Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 1–15. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1261

Issue

Section

Articles