Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Luring di SDN Tanjungsari 02

Authors

  • Faisal Muhammad Anshori Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Widyawati Widyawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Efektifitas, Luring, Siswa

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan mengenai pembelajaran formal yang senantiasa dilakukan di sekolah dialihkan ke rumah masing-masing melalui model pembelajaran dalam jaringan (daring). Di dalam implementasinya model pembelajaran daring ini ternyata masih memiliki kekurangan karena tidak meratanya fasilitas pembelajaran yang dimiliki oleh siswa khususnya siswa kelas 6 di SDN Tanjungsari 02 sehingga menyebabkan tidak meratanya pembelajaran yang diterima ditambah dengan sering terjadinya miskomunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu, pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran melalu model pembelajaran luar jaringan (luring) dengan menggunakan metode PAR (Participation Action Research) yang digab-ungkan dengan metode kualitatif melalui pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukan peningkatan efektifitas pembelajaran yang dapat dilihat dari bertambahnya tingkat pemahaman siswa dalam menyelasaikan soal – soal yang diberikan serta bertambahnya tingkat antusisme siswa dalam menghadiri kelas.

References

Afdol, A., and A. Mahruddin. 2017. “Pengaruh Media Film Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2:14–27.

Astuti. 2021. "Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19." Journal of Intergrated Elementary Education 1 (1):41-49. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7224/pdf

Dermawan, D. D., and W. Sumarni. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19.” Prosiding Seminar Nasional UNNES. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/586/504

Kembang, Lale Gadung. 2020. “Perbandingan Model Pembelajaran Luring Dengan Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI (Studi Pada Siswa Kelas VIII) MTs. Darul Ishlah Tahun Pelajaran 2019/2020.” Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram

Marzuki. 2012. “Intergating Character Education in the Teaching and Learning at School.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):33–44. https://media.neliti.com/media/publications/122370-ID-pengintegrasian-pendidikan-karakter-dala.pdf

Nurlatifah, dkk. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Online dan Luring.” Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1):15–18. https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/2893/2262

Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 286–91. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603

Rahayu, Iif Afri. 2020. “Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto.” Purwokerto: IAIN Purwokerto

Rukin, 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kabupaten Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Shidiq, M Zainul. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Tatp Muka Terhadap Kemampuan Afektif Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Suaka Anak Negeri Jember.” Jember: Universitas Jember

Sukitman, Ahmad Trizid. 2020. “Peran Guru Pada Masa PAndemi Covid-19.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 91–95

Zuha, Kholidah. 2019. “Pengarun Pendidikan Formal dan Non Formal Terhadap Sikap Beragama Siswa di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung dan SMP Negeri 3 Blitar.” Tulungagung: IAIN Tulungagung

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Anshori, F. M., & Widyawati, W. (2022). Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Luring di SDN Tanjungsari 02. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 86–95. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1231

Issue

Section

Articles