Meningkatkan Kualitas Pendidikan RW 09 di Desa Ciputri Melalui Pembelajaran dan Pengembangan Taman Baca

Authors

  • Selvita Siti Kilan Juariah Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Yanwar Habibul Muttaqin Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Fathin Anjani Hilman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Pendidikan, Mahasiswa, Ruang belajar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang diperlukan untuk mendapatkan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu maupun masyarakat. Seperti di Desa Ciputri Rw 09 Rt 04 pendidikan wargasekitar terhalang oleh berbagai faktor seperti karnafaktor ekonomi, karna jarak yang tidak memungkinkan, maka dari itu kami Mahasiswa KKN DR SISDAMAS UIN SGD BANDUNG menyepakati untuk membuka ruang belajar dan mengembangkan taman baca yang ada di Rt 04 Rw 09. untuk ruang belajar di mulai dari pukul 13.00 - 15.00 dengan. pendidikan non formal upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tepat sekitar serta menambah wawasan bagi anak anak warga sekitar dengan adanya ruang belajar serta pengembangan taman baca. kami pun mengembangkan taman baca upaya anak anak warga sekitar bertambah wawasannya dengan cara membaca. kami pun memfasilitasi berbagai macam buku bacaan dan buku pendidikan. kedua tersebut merupakan program kerja kami selaku mahasiswa KKN DR.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

Basrowi dan Siti Juariyah. 2010. ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA SRIGADING, KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 7 Nomor 1.

Dewi A,W. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan dan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Driyarkara. 1980. Driyarkara Tentang Pendidikan.Yogyakarta : Kanisius.

Kalida, M dan Mursyid M. 2015. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta :Aswaja Pressindo.

Sudin. (2004). “Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Perguruan Tinggi Agama Islam.” 5(2) 164.

Umar Tirtarahardja dan La Sula. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta : Bigraf Publishing.

Nurkholis, (2013). Pendidikan Dalam Upaya M3majukan Teknologi. Jurnal Kependidikan,Vol 1 No. 1 November 2013.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Juariah, S. S. K., Muttaqin , Y. H., & Hilman, F. A. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan RW 09 di Desa Ciputri Melalui Pembelajaran dan Pengembangan Taman Baca. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 66–75. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1229

Issue

Section

Articles