Penerapan Sistem Belajar Fun Science Pada Anak Usia Dini di Desa Cimekar

Authors

  • Pamelia Qaulan Tsaqila Madani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • N. Kardinah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Sains, Media, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran sains dengan menggunakan media di usia dini merupakan
suatu cara untuk membentuk ketertarikan anak-anak khususnya di bidang
sains. Seiring kemajuan teknologi di era globalisasi ini, penerapan sistem
pembelajaran sains dengan media atau objek akan mempermudah anak usia
dini untuk memahami. Kurangnya tenaga pendidik untuk anak usia dini di
Desa Cimekar, serta masih monotonnya dari penelitian ini menunjukan
bahwa bagi seorang anak mempelajari sesuatu yang menarik perhatian akan
lebih mudah untuk dipahami. Khususnya pada bidang sains anak-anak akan
lebih mudah memahami jika penerapannya dilakukan dengan media atau
objek sehingga aktivitas belajar sambil bermain sangat menyenangkan bagi
anak usia dini. metode pembelajaran menjadi salah satu permasalahan utama
di Desa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Yatim Al-Kasyaf,
Desa Cimekar RT 04 RW 01 Kp. Sukamaju, Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan
bagi anak-anak dalam penerapan pembelajaran sains. Metode yang
digunakan yaitu Refleksi sosial, Perencanaan program dan Pelaksanaan serta
evaluasi.

References

Abidin, Z. (2006). Layanan bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan kualitas

proses belajar mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34-48.

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan

Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Journal : Jurnal Ilmiah

Potensia, 3 (2), 1-10

Andayani, N.S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan

belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami

kesulitan belajar pada kelas X-4 SMA negeri 1 sukasada tahun pelajaran

/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Andi., Jumardi., & Merina. 2020. Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

dan Komunikasi. HUMANIS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 19 (1) : 1-5

Anggrahini, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak melalui

Implementasi Metode Bermain dalam Pembelajaran Sains. Jurnal: Ceria. 1 (1),

hlm. 6-14.

Fadhli, M. (2017, December). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi

Manajemen Pendidikan, 1(02).

Ismail, I. L. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A SMP

Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Negeri 1 Rantepao.

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 89–103.

Lestari, S. L., Mulyana, E. H., & Nur, L. (2020). Pengembangan Rancangan Media

Permainan Sains Lampu Lava Berbasis Sel (Social And Emotional Learning) Untuk

Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 229-241.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Madani, P. Q. T. ., & Kardinah, N. (2021). Penerapan Sistem Belajar Fun Science Pada Anak Usia Dini di Desa Cimekar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(11), 114–122. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/122

Issue

Section

Articles