PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA YANG ADA DI DESA CIHEA

Authors

  • Ade Maulana Albi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Aqiel Al Husainy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Zaenal Muttaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ulumudin Athari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Manusia, remaja, Pendidikan agama islam

Abstract

Manusia dilahirkan dalam kondisi yang lemah dan terbatas, baik secara fisik dan psikis. Meskipun manusia lahir dalam keadaan yang terbatas, manusia memiliki kemampuan dasar dan bawaan yang bersifat laten. Potensi dasar dan bawaan ini membutuhkan pengembangan melalui bimbingan dan pemeliharaan yang kontinu. Metode deskriptif analisis kami gunakan dalam penelitian ini mengikuti arahan dari LP2M dengan melakukan Siklus I sampai siklus IV. Kebutuhan akan kejiwaan remaja banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan kebudayaan masyarakat yang ada di mana ia tinggal aspek kognisi, afeksi, dan konasinya sudah berkembang, masa remaja mencakup masa Juvenilitas (adolescantium), pubertas, dan nubilitas. Penerapan metode perhatian atau pengawasan dapat dilakukan terutama pada anak-anak yang telah memasuki masa remaja dengan memasukan nilai-nilai illahiyah dan insaniyah untuk ditanamkan pada para remaja sebagai perisai diri dari berbagai pengaruh negatif. Tulisan ini mencoba mengelaborasi bagaimana orientasi pendidikan agama islam dan upaya pembinaaan terhadap akhlak remaja.

References

Ahmadi, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres.

Daradjat, Zakiah. 2014. Metodik Khusus Pengajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara.

Jalaluddin. 2014. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi, Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Muslihah, Eneng. 2011. Ilmu Pendidikan Islam, Banteng: Diadit Media.

Nata, Abuddin. 2009. Metodologi Studi Islam,

Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Saifuddin, Ahmad. 2019. Psikologi Agama: Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Beragama, Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Tafsir, A. dkk. 2004. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Maulana Albi, A. ., Al Husainy, M. A. ., Zaenal Muttaqin, M. ., & Athari, U. . (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA YANG ADA DI DESA CIHEA. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(71), 52–61. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1210

Issue

Section

Articles