Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Authors

  • Dedi Suyandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afa Afina Yafshil Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathi Muni A.R Rasyad Pendididikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Firda Maura Maulidina Manajemen, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kirana Ayu Cempaka Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung
  • Salma Azzahrah Muttaqin Prodi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Strategi, Pemasaran, UMKM, Ekonomi

Abstract

Dampak adanya pandemi Covid-19 ini menyebabkan masyarakat Indonesia harus mengalami permasalahan pada sektor perekonomian, akibatnya banyak perusahaan yang terpaksa harus gulung tikar karena menurunnya pemasukan akibat pandemi ini. Maka, di masa transisi covid-19 diperlukannya inovasi baru untuk pemberdayaan peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satu caranya dengan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh masyarakat kecil agar dapat berkembang. Khususnya di Kampung Kopeng RT 002 RW 008 Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM Sistik dan Pangsit yang ada di Kampung Kopeng agar mampu bersaing dengan produk lainnya. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara dan observasi partisipatif. Hasil pengabdian ini menghasilkan sebuah produk bagi UMKM Sistik dan Pangsit dengan nama brand Kopeng Berdaya Kelompok 80 atau “Koya 80”. Target pemasaran dari UMKM ini dilakukan secara offline dengan membidik toko kelontong dan dari rumah ke rumah. Sementara untuk pemasaran secara online dilakukan melalui media sosial (Whatsapp).

 

References

Arifien, S. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Administrasi, 3(1).

Humaidi, Ismail. (2015). Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Kecil: Studi Terhadap Masyarakat di Sentra Industri Kecil di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jawa Timur. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015) Diakses dari https://digilib.uin-suka.ac.id

Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 124.

Mufida, A. (2020). Polemik Pemberian Bantuan Sosial Di Tengah Pandemic Covid 19. ADALAH, 4(1).

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2).

Saehu, A., & Nugraha, F. (2019). KKN SISDAMAS: OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MARKETPLACE. Al-Khidmat, 2(2), 15-25.

Siagian., Cahyono. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1), h. 207

Sukirno, Firla Setyo & Harianto, Sugeng. (2017). Pergeseran Gaya Hidup Masyarakat Sub Urban Area di Kota Mojokerto. Paradigma, 05(1), 2.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Suyandi, D. ., Afina Yafshil , A. ., Muni A.R Rasyad, F. ., Maura Maulidina, F. ., Ayu Cempaka, K. ., & Azzahrah Muttaqin, S. . (2022). Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(86), 74–86. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1201

Issue

Section

Articles