Upaya Preventif Penyebaran Covid-19 Melalui Pendidikan PHBS di TPQ dan MDTA Desa Pesarean

Authors

  • Azahra Auliana Fitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Egi Fausan Saputra P UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Sofwatun UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hida Nurul AR UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asro Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, PHBS, sekolah, covid-19

Abstract

Sudah lebih dari satu tahun covid-19 menyerang Indonesia. Covid-19 adalah sebuah penyakit yang diakibatkan masuknya virus corona jenis SARS-CoV-2 yang menyerang saluran pernapasan. Pemerintah sudah mewajibkan lapisan masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat jauh sebelum adanya covid-19 namun masyarakat banyak yang tidak menerapkannya. Pemerintah daerah dan desa memberi izin kepada lingkungan sekolah yang tetap aktif tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya TPQ Darul Qurro dan Madrasah diniyah Awaliyah Assalafiyah di desa Pesarean. Kementrian kesehatan sudah mengajak bekerjasama dengan sekolah untuk menanggulangi penyebaran covid-19. Maka diadakannya pengabdian kepada masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah melalui program sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, dan juga ceramah tentang pola hidup bersih dan sehat serta metode simulasi cuci tangan pakai sabun. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pemahaman anak-anak tentang prilaku hidup bersih dan sehat serta keinginan anak untuk menerapkan prilaku tersebut untuk meminimalisir penyebaran covid-19 disekolah.

References

Annisa, D. (2021, September Sabtu). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 18 September 2021. 18 September 2021.

Kemendikbud. (2020, Agustus 2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Kemenkes. (2020, Maret Sabtu). Cegah COVID-19, Gerakan Sekolah Bersih Digalakkan. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Singhal, T. (2018). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediatrics (April 2020) 87(4):281–286.

Wayudi, M. (2015). POLA HIDUP SEHAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN SKRIPSI.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Auliana Fitri , A. ., Fausan Saputra P , E. ., Sofwatun, F. ., Nurul AR, H. ., & Asro, A. (2021). Upaya Preventif Penyebaran Covid-19 Melalui Pendidikan PHBS di TPQ dan MDTA Desa Pesarean. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(1), 87–99. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/12

Issue

Section

Articles